Facebook Mulai Ditinggalkan Anak Muda

Dhiany Nadya Utami
Sabtu, 2 Juni 2018 | 06:33 WIB
Logo Facebook dalam 3 dimensi/Reuters
Logo Facebook dalam 3 dimensi/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Kendati masih menjadi media sosial terpopuler di dunia, ternyata Facebook mulai ditinggalkan anak muda.

Kepopuleran Facebook di kalangan remaja tergerus oleh platform lain seperti Youtube, Snapchat, dan Instagram. Berdasarkan riset Pew Research Center, saat ini hanya 51% anak usia 13-17 di Amerika Serikat yang menggunakan Facebook.

"Berbeda dengan 3 tahun lalu, dunia sosial media sekarang tak lagi berputar di satu platform saja," tulis peneliti dalam survey seperti dikutip Bisnis dari Bloomberg, Jumat (1/6/2018).

Adapun, platform berbagi video milik Alphabet Inc., Youtube, menjadi yang populer berdasarkan riset tersebut dengan 85% responden.

Disusul oleh Instagram yang saat ini menjadi lebih populer dibandingkan Snapchat dengan perolehan 72%, sementara Snapchat hanya dipilih 69% responden.

Sekitar sepertiga responden mengaku mereka paling sering mengunjungi Youtube dan Snapchat. Sementara 15% menyebut Instagram sebagai platform kegemaran mereka. Di antara semuanya, hanya 10% yang memilih Facebook sebagai favoritnya.

"Studi ini sekaligus membuktikan betapa sulit suatu platform untuk mendominasi secara terus menerus," tambahnya.

Riset tersebut menunjukkan akuisisi Instagtam oleh Facebook pada 2012 silam juga berdampak signifikan terhadap kelangsungan perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Pew menyebut dominasi Facebook mulai menurun sejak penetrasi smartphone semakin tinggi di kalangan remaja. Tercatat, sebanyak 95% anak usia 13-17 tahun memiliki ponsel pribadi atau setidaknya memiliki akses terhadap smartphone dan 45% di antaranya mengaku mereka terhubung dengan internet secara konstan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper