Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusunawa Santri Bisa Jadi Pusat Pembentukan Karakter

Kementerian PUPR berharap adanya pembangunan rumah susun bagi para santri di pondok pesantren bisa menjadi pusat pembentukkan karakter generasi muda di masa mendatang.

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian PUPR berharap adanya pembangunan rumah susun bagi para santri di pondok pesantren bisa menjadi pusat pembentukkan karakter generasi muda di masa mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Rusun di pondok pesantren adalah salah satu upaya pemerintah untuk membentuk pusat-pusat pendidikan karakter bagi generasi muda,khususnya para santri.

Basuki menyatakan, pembangunan Rusun bagi para santri merupakan salah satu kebijakan langsung dari Presiden Joko Widodo. Sedangkan Kementerian PUPR sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya berupaya membangun sarana dan prasarana pendukungnya, baik melalui pembangunan Rusun maupun ketersediaan air bersihnya.

"Presiden Joko Widodo sangat mendukung pembangunan rusun santri ini. Kami bersyukur dan alhamdulillah akhirnya Rusun ini bisa diresmikan sekaligus bisa bersilaturahim dengan para santri dan pengasuh Ponpes ini," terangnya melalui keterangan resmi Selasa (29/5/2018).

Pembangunan Rusun santri di daerah Jawa Timur, imbuh Basuki, juga mendapat dukungan dari anggota Komisi V DPR yakni Estu Sadarestuwati. Tercatat ada sekitar 45 tower di Jatim yang dikhususkan bagi para santri di Ponpes pada tahun ini.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Al Falah YPI Al Hikam Madiun KH Ibnu Abbas mengungkapkan, pihaknya berterimakasih atas bantuan itu, karena bangunan tersebut sangat bermanfaat sebagai tempat tinggal para santri selama menuntut ilmu di Ponpes tersebut.

"Dari total 400 santri kami sekitar 200 orang santri bermukim di Ponpes ini. Apalagi banyak santri kami yang berasal dari luar kota Madiun," katanya.

Lokasi Rusun santri tersebut berada di Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Pembangunannya dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Tujuan pembangun Rusun ini  adalah untuk menyediakan hunian yang kayak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terutama di kawasan perkotaan yang memiliki keterbatasan lahan dan  harga lahan yang relatif mahal.

Adapun yang dimaksud MBR antara lain masyarakat umum, PNS, TNI/ Polri dan para santri. Sedangkan tujuan khusus dari Pembangunan Rumah Susun bagi para santri ini adalah untuk meningkatkan jumlah sumber daya manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia dengan pola pembinaan yang lebih intensif dan efektif melalui pemanfaatan bangunan rumah susun sebagai tempat tinggal yang lebih layak sekaligus tempat pendidikan moral/ karakter.

Berdasarkan data serta spesifikasi bangunan yang ada, Rusun yang diperuntukkan bagi para santri tersebut dibangun satu tower block dengan tipologi Pondok Pesantren ini memiliki ketinggian sekitar tiga lantai. Jumlah unit huniannya ada 12 bangsal dan ukuran luas bangunan 14,925 meter x 37,5 meter dan berada di atas lahan 495 meter. Diperkirakan Rusun ini dapat menampung 216 orang santri.

Nilai kontrak untuk pembangunan Rusun ini adalah Rp 7, 073 Milyar dengan waktu pelaksanaan 275 hari kerja. Untuk memberikan kenyamanan bagi para santri, Kementerian PUPR pun telah menyediakan meubelair sejumlah 216 unit yang terdiri dari tempat tidur tingkat dan lemari pakaian masing-masing sejumlah 108 unit, dan kasur busa 216 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper