Pelindo III Sediakan 14.000 Tiket Mudik Gratis

PT Pelindo III menyediakan 14.000 tiket penumpang untuk mudik gratis menjelang hari raya Idulfitri. Hal tersebut, dilakukan dalam rangka memberikan fasilitas mudik untuk warga yang tak memiliki biaya dan meningkatkan layanan BUMN untuk negeri.
Alif Nazzala Rizqi | 27 Mei 2018 16:03 WIB
Petugas memasukkan sepeda motor milik peserta mudik gratis ke dalam kapal KM Dobonsolo tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (17/6). - Antara/Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, SEMARANG - PT Pelindo III menyediakan 14.000 tiket penumpang untuk mudik gratis menjelang hari raya Idulfitri. Hal tersebut, dilakukan dalam rangka memberikan fasilitas mudik untuk warga yang tak memiliki biaya dan meningkatkan layanan BUMN untuk negeri.

Direktur Utama PT Pelindo III Ari Askhara mengatakan, tahun ini Pelindo III lebih siap dalam memberikan pelayanan masyarakat yang melakukan mudik gratis.

"Pada inntinya kami siap melayani pemudik yang naik kapal laut ke segala penjuru daerah di Indonesia, dan memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk para pemudik," kata Ari, Minggu (27/5/2018).

Ari mengungkapkan, mudik gratis melalui jalur laut diperuntukan bagi pemudik asal Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sedikit kuota ke Pulau Bali, Kalimantan dan kawasan kepulauan Nusa Tenggara.

Menurutnya, seperti tahun lalu pelayanan mudik gratis sebagai wujud program BUMN hadir untuk negeri. Sementara untuk, Jawa Tengah dia menyatakan mendapatkan jatah tiket mudik kapal laut sebanyak 4.500 lembar.

"Kami sediakan total 14.000 lembar pembagiannya Jateng mendapat jatah 4.500 lembar Jawa Timur dapat jatah 8.000 lembar, sementara sisanya buat Kalimantan dan Bali," ujarnya.

Dikatakan Ari, pihaknya terus berupaya mengajak masyarakat Indonesia untuk menggunakan jasa kapal laut saat mudik nanti. Hal tersebut untuk mengurai kepadatan kemacetan di jalur darat.

Selain itu lanjut dia, Pelindo III juga menyediakan sebuah layanan mudik dari pesawat Citilink untuk tujuan Pulau Jawa. Hal ini dimaksudkan agar ketika permintaan mudik jalur laut sudah penuh, keinginan masyarakat bisa terakomodir dengan menggunakan jasa penerbangan.

"Awal Juni nanti akan kita mulai. Kami berharap semuanya berjalan lancar tertib dan aman," tambahnya.

Sementara itu, General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Ardhy Wahyu Basuki menyatakan, pihaknya akan menyediakan bus gratis untuk pemudik tujuan tujuh titik.

"Mulai Yogyakarta, Tegal sampai Wonogiri kita sediakan armada bus gratis dari Tanjung Emas," paparnya.

Adapun untuk, mempersiapkan layanan arus mudik, sudah dibangun sejumlah sarana dan prasarana pendukungnya. Pembangunan fasilitas mulai dari memperbanyak peron, pembuatan toilet portabel sampai penambahan personel yang melibatkan pihak keamanan.

 

Tag : mudik gratis
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top