XL Axiata Perluas Jaringan 4G LTE Jangkau 376 Kota

Ema Sukarelawanto
Sabtu, 26 Mei 2018 | 10:29 WIB
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR -- PT XL Axiata Tbk memperluas jaringan 4G LTE yang kini telah menjangkau 376 kota/kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.

Group Head Commercial LTE XL Axiata Rahmadi Mulyohartono mengatakan ini merupakan wujud komitmen XL Axiata untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan infrastruktur jaringan internet cepat bagi masyarakat di wilayah pedalaman atau daerah yang sulit dijangkau melalui jalur transportasi baik darat, laut, maupun udara.

“Keberadaan jaringan internet cepat ini akan menjadi jembatan penghubung yang penting bagi masyarakat, industri, dan pemerintah di daerah-daerah tersebut,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (26/5/2018).

Menurut Rahmadi sesuai dengan komitmen awal XL Axiata akan terus memperluas jangkauan layanan data yang berkualitas, terutama layanan 4G LTE ke semua area layanan, terutama di luar Jawa dengan mempertimbangkan berbagai aspek baik secara teknis maupun tingkat permintaan dari pelanggan atas layanan data yang berkualitas.

Dia berharap dengan ketersediaan jaringan internet cepat ini akan semakin mendukung perkembangan aktivitas perekonomian masyarakat setempat, sehingga pada akhirnya juga akan semakin mendorong peningkatan penggunaan layanan data sejalan dengan fokus XL Axiata untuk terus memperluas penetrasi layanan data.

Ia menambahkan masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan internet semakin banyak, terutama untuk akses melalui ponsel cerdas. Mereka telah merasakan manfaat dari sarana internet untuk berbagai keperluan, baik untuk menunjang kebutuhan sosial dan hiburan, maupun sebagai sarana pendukung produktivitas.

Karena itu, menurutnya, tidak mengherankan jika kemudian pelanggan yang berada di area-area yang belum ter-cover layanan 4G LTE kini sangat berharap bisa segera mendapatkannya karena mereka paham kualitas internet cepat akan semakin menambah manfaat bagi mereka. Apalagi, internet kini juga menjadi sarana penunjang utama untuk pendidikan anak di sekolah.

Wilayah yang baru saja mendapatkan layanan 4G LTE XL Axiata di antaranya Kota dan Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu di NTB, juga Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Bengkayang di Kalimantan Barat. Selain itu, Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Bombana, Pahuwatu di Gorontalo, Kabupaten Bener Meriah di Aceh serta Pulau Sebira, yakni pulau terluar yang terletak ujung paling utara dari gugusan Kepulauan Seribu.

Saat ini fokus penambahan kota/kabupaten baru untuk luar Jawa, karena semua kota/kabupaten di Jawa sudah terjangkau 4G LTE. Sementara itu, untuk jumlah BTS 4G secara total hingga saat ini telah mencapai lebih dari 22 ribu BTS, dengan total jumlah pelanggan 4G mencapai sekitar 30 juta pelanggan.

Seiring dengan perluasan 4G LTE, XL Axiata juga terus memperluas jaringan 4.5G. Hingga saat ini, sudah lebih dari 100 kota/kabupaten yang bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan akses hingga 100Mbps itu. XL Axiata telah menerapkan teknologi terbaik dan inovatif untuk meningkatkan kualitas jaringan, salah satunya berupa teknologi 4.5G yang meliputi Carrier Aggregation, 256 QAM, serta 4T4R 4x4 MIMO. Penerapan semua teknologi tersebut bertujuan untuk memberikan layanan data dan internet yang lebih stabil, kapasitas yang lebih besar dan meningkatkan kecepatan akses yang lebih baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper