Satgas Pangan Sudah Rutin Sidak, Pasar Lebih Tenang

Satgas Pangan mengklaim sudah rutin melakukan sidak dalam mencegah ada praktik-praktik nakal yang menginginkan kenaikan harga selama bulan puasa sampai menjelang Ramadan.
Pandu Gumilar | 24 Mei 2018 13:36 WIB
Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak ke rumah pemotongan hewan di Samanan, Cengkareng untuk memastikan harga di masih terkendali. Syarkawi Rauf, Ketua KPPU (tengah) bersama Ketua Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto (ketiga dari kanan), Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Thahja Widayanti (kedua dari kanan), Dirjen Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan (kanan) menanyakan harga setiap jenis daging.

Bisnis.com, JAKARTA - Satgas Pangan mengklaim sudah rutin melakukan sidak dalam mencegah ada praktik-praktik nakal yang menginginkan kenaikan harga selama bulan puasa sampai menjelang Ramadan.

Ketua Satgas Pangan, Irjen Pol Setyo Wasisto, mengatakan tahun ini jauh lebih baik daripada tahun lalu karena pedagang sudah tertib dan tidak mengambil keuntungan terlalu tinggi selama bulan puasa samapai menjelang lebaran.

"Tahun 2018 lebih tertib karena tahun lalu menjadi shock terapi buat mereka ketika satgas ini dibentuk. Tahun ini mereka [pelaku usaha] sudah patuh terhadap regulasi," katanya pada Rabu (24/5/2018).

Satgas pangan, lanjutnya, secara aktif melakukan sidak mulai dari tingkat polda sampai polres untuk mendatangi pasar-pasar tradisional. Setyo mengatakan praktik semacam pelarangan komoditas masuk ke pasar induk oleh segelintir oknum pun sudah tidak ada lagi.

Namun, sejauh ini Setyo belum dapat membuktikan keberadaan kartelisasi untuk bahan pangan seperti yang selama ini menjadi isu utama ketika terjadi inflasi harga secara signifikan. Selain itu, sepengalamannya h-10 menjelang hari raya lebaran harga bahan pangan pasti naik terutama daging.

"10 hari jelang lebaran kebutuhan pasti akan meningkat, harga juga akan naik terutama di Aceh karena ada tradisi potong sapi. Jadi harga bisa dua kali lipat lebih tinggi, namun masyarakat menerima hal itu," pungkasnya.

Tag : pangan, stok beras
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top