Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hingga Mei, Program Satu Juta Rumah Capai 335.000 Unit

Pelaksanaan Program Satu Juta Rumah terus meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR tercatat hingga 18 Mei 2018 lalu, capaian Program Satu Juta Rumah telah mencapai angka 335.000 unit rumah yang tersebar di seluruh Indonesia.
Rumah bersubsidi/Bisnis.com
Rumah bersubsidi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Pelaksanaan Program Satu Juta Rumah terus meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR tercatat hingga 18 Mei 2018 lalu, capaian Program Satu Juta Rumah telah mencapai angka 335.000 unit rumah yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Capaian Program Satu Juta Rumah per tanggal 18 Mei lalu sudah mencapai 335.000 rumah,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid kepada  sejumlah wartawan saat melakukan Press Tour Program Satu Juta Rumah ke Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Khalawi mengungkapkan, sebenarnya pihak Kementerian PUPR menargetkan pada bulan ini capaian Program Satu Juta Rumah bisa mencapai angka 400.000 unit. Akan tetapi beberapa waktu lalu ada kendala terkait penyaluran KPR FLPP yakni KPR yang diberikan kepada masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan subsidi dari pemerintah.

Ada sejumlah perubahan kebijakan terkait pengawasan kualitas bangunan rumah subsidi yang dibangun oleh pengembang sehingga akad kredit KPR FLPP sempat tertunda. Tapi sekarang hal itu sudah selesai serta sudah on the track lagi. Mudah-mudahan bisa naik capaiannya dengan adanya catatan akad kredit rumah bersubsidi dari KPR FLPP,tandasnya.

Kementerian PUPR, imbuh Khalawi, tetap optimis Program Satu Juta Rumah bisa mencapai target yakni dapat membangun satu juta unit rumah tahun ini. Dalam program ini setidaknya pemerintah mendorong pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) serta non MBR.

“Kami yakin minat pengembang dan masyarakat akan Program ini cukup baik. Target kami satu juta unit rumah bisa tercapai tahun ini,” harapnya.

Guna mendorong pelaksanaan Program Satu Juta Rumah, Kementerian PUPR juga telah membentuk Satuan Tugas Pemantauan dan Pengawasan Program Satu Juta Rumah (P2PSR). Pembentukan Satgas ini, imbuh Khalawi, sangat penting untuk mendorong pembangunan rumah bagi masyarakat. Selain itu, Satgas tersebut diharapkan mampu mendorong peningkatan capaian Program Satu Juta Rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper