Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisma Atlet Ramah Disabilitas

Kementerian Pekerjaqan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melengkapi berbagai akses yang layak dan ramah untuk para penyandang disabilitas.
Suasana di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2/2018)./ANTARA-Wahyu Putro A
Suasana di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2/2018)./ANTARA-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaqan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melengkapi berbagai akses yang layak dan ramah untuk para penyandang disabilitas.

Setidaknya 1.000 unit kamar khusus penyandang disabilitas telah disiapkan di Wisma Atlet Asian Games Kemayoran guna mendukung pelaksanaan Asian Paragames yang akan digelar di Jakarta tahun ini.

Beberapa pekerjaan renovasi aksesibilitas yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR antara lain :

-Penambahan Ramp Grab Bar Kamar Mandi Pada Unit Hunian Kursi Roda (200 Unit/Tower)

 Penambahan Lift Untuk Akses Kursi Roda (6 Unit/Tower)

 Ramp & Treshold Pada Lantai Beda Elevasi

 Tactile Pada Lantai Untuk Penuntun Arah Pada Area Publik

 Signage & Directory Pada Area Publik

 Railing Pada Tangga Atau Ramp Area Publik

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan seluruh rangkaian Pekerjaan Pembangunan Rumah Susun Bertingkat Tinggi Wisma Atlet Kemayoran Blok C2 dan D10 (termasuk di dalamnya Pekerjaan Renovasi Aksesibiltas dan pekerjaan tambahan lain seperti pemasangan gorden dan water heater) tidak hanya berfokus pada kegiatan fisik.

Seluruh penyiapan sarana dan prasarana ini bertujuan guna mensukseskan acara Asian Games 2018 di bulan Agustus dan Asian Para Games 2018 di bulan Oktober mendatang.

Berdasarkan data yang ada, Kementerian PUPR saat ini sudah menyelesaikan pembangunan Wisma Atlet Asian Games sebanyak 10 tower yang terdiri dari tiga tower di Blok C-2 seluas 135.000 meter persegi dan tujuh tower di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi di kawasan Kemayoran.

Pembangunan 10 tower wisma atlet di kawasan Kemayoran tersebut dilaksanakan oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Rumah Susun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan

Kementerian PUPR. Untuk Blok C-2 total unit hunianya 1.932 unit dan Blok D-10 akan memiliki 5.494 unit hunian.

Status Kawasan Kemayoran Blok C-2 dan Blok D-10 merupakan aset milik negara atas nama Menteri Sekretariat Negara. Rusun yang dibangun ini merupakan tipe 36 dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur. Setiap unit Rusun sudah dilengkapi dengan furniturr seperti tempat tidur,lemari pakaian, kursi dan meja tamu, pendingin ruangan dan penghangat air di setiap kamar mandi.

Diperkirakan dalam satu unit rusun akan dihuni 3 orang, sehingga wisma atlet ini diperkirakan dapat menampung sebanyak 22.278 orang atlet.

Pelaksanaan renovasi aksesibilitas Asian Paragames dilaksanakan selama 6 bulan pada lima tower Rusun yang berada di Kawasan Blok D-10 yakni tower 3,4,5,6 dan,7. Total unit yang direnovasi adalah 200 unit setiap tower sehingga ada 1.000 unit kamar yang disiapkan.

Selain itu, ada juga penambahan 6 unit difabel / per tower yang disiapkan Kementerian PUPR untuk memberikan kenyamanan bagi para penyandang disabilitas.

Jumlah Atlet yang akan berlaga pada ajang Asian Paragames diperkirakan sekitar 3.000 atlet dengan jumlah atlet dengan kursi roda sekitar 1.000 orang.

Sehubungan dengan pekerjaan renovasi terutama pada tower 3 dan 4 kapasitas yang semula untuk 3 tempat tidur berubah menjadi 2 tempat tidur (200 unit di tower 3 dan 200 unit di tower 4)

Seperti diketahui pembangunan hunian vertikal di kawasan ibukota tersebut berdasarkan Inpres Nomor 2 Tahun 2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 dan Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional. Pembangunan wisma atlet di Kemayoran sudah dimulai sejak tanggal 17 Maret 2016 lalu.

Kontrak pembangunan wisma atlet ini dilaksanakan multi tahun 2016 - 2017. Bangunan vertikal ini pasca pelaksanaan ajang Asian Games 2018 akan dimanfaatkan sebagai hunian bagi penduduk Jakarta yang berhak sesuai kriteria yang ditetapkan pemerintah antara lain untuk masyarakat menengah ke bawah dan relokasi permukiman kumuh yang ada di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper