Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Wisman ke Sumbar, Pemerintah Genjot Infrastruktur Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah ingin mengembangkan potensi pariwisata di Sumatra Barat dengan membangun dan meningkatkan infrastruktur di provinsi itu.
Kereta Bandara Minangkabau./.Youtube
Kereta Bandara Minangkabau./.Youtube

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah ingin mengembangkan potensi pariwisata di Sumatra Barat dengan membangun dan meningkatkan infrastruktur di provinsi itu.

"Dengan adanya infrastrukrur yang memadai maka pariwisata juga akan terdorong yang pada akhirnya ikut memperbaiki perekonomian masyarakat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dikutip Antara, senin (21/5/2018).

Menhub mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan Kemenhub adalah meningkatkan kapasitas tampung penumpang di Bandara Internasional Minangkabau dari 2,6 juta penumpang per tahun menjadi 5,7 juta penumpang akhir 2019.

Keinginan pemerintah tersebut, kata Menhub, didasarkan dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke Sumbar sehingga perlu meningkatkan kapasitas bandara.

Peresmian kereta Bandara Internasional Minangkabau yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada hari ini misalnya juga upaya pemerintah untuk memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat.

Selain di Padang, Budi mengatakan pula pemerintah juga membangun bandara di Pulau Mentawai, Sumatra Barat, yang belakangan makin banyak diminati wisatawan lokal dan mancanegara.

"Dengan adanya bandara di Mentawai maka wisatawan akan lebih mudah dan singkat ke pulau itu," katanya.

Demikian juga dengan Terminal Tipe A bus Anak Air, Padang, pemerintah ingin meningkatkan kemampuan daya tampungnya sehingga penumpang merasa nyaman.

Menhub Budi mengatakan, tidak saja di Sumbar tapi penerintah juga terus membangun infrastruktur sejumlah daerah.

Dia mencontohkan, keberadaan tol laut yang saat ini mencapai 15 jalur juga merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan pemerataan ekonomi.

"Adanya tol laut bisa menurunkan harga hingga 30 persen di Indonesia bagian Timur," kata Menhub.Budi Suyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper