Pegang Kendali Atas Linimasa Kita

Bagi para penggunanya, mungkin Facebook menjadi salah satu sumber utama saat mencari informasi. Namun, tidak semua yang ada di linimasa merupakan informasi yang ingin dilihat atau sesuai dengan yang dibutuhkan.
Dhiany Nadya Utami | 21 Mei 2018 01:40 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi para penggunanya, mungkin Facebook menjadi salah satu sumber utama saat mencari informasi. Namun, tidak semua yang ada di linimasa merupakan informasi yang ingin dilihat atau sesuai dengan yang dibutuhkan.

Contoh termudah adalah apa yang ada di linimasa beberapa waktu yang lalu saat adanya tragedi terorisme di beberapa daerah.

Kita mungkin dimudahkan dengan banyaknya tautan berita terkait hal tersebut di linimasa, sayangnya dalam waktu yang sama banyak pula informasi yang sebenarnya menganggu seperti gambar para korban yang tampil tanpa sensor atau postingan berisi ujaran kebencian yang berbau provokasi.

Kasus lain biasanya mengenai iklan yang mampir ke linimasa. Tak jarang kita kesal karena mendapatkan iklan yang terasa tak relevan dengan selera atau kebutuhannya. Demi menghindari hal tersebut, sebenarnya Facebooker dapat mengendalikan apa yang ingin dan tidak ingin mereka lihat, termasuk iklan.

Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mencari ikon “tiga titik” di pojok kanan atas setiap postingan dan memilih opsi yang paling sesuai untuk postingan terkait. Opsi yang tersedia akan berbeda untuk postingan dari lingkaran teman kita dan postingan iklan.

Postingan dari teman

Snooze

Dengan memilih opsi “Snooze” kita dapat berhenti melihat postingan dari seseorang yang mereka rasa menganggu untuk sementara waktu. Kita juga dapat memilih berapa lama waktu diinginkan untuk berhenti melihat postingan tersebut, misalnya selama 30 hari.

Unfollow

Opsi “Unfollow” dapat dipilih jika postingan-postingan dari seseorang terasa sangat mengganggu linimasa dan kita tak ingin melihatnya sama sekali. Meski memilih opsi “Unfollow” pada dasarnya kita hanya berhenti mengikuti postingan dari akun bersangkutan tapi mereka tetap memiliki hubungan pertemanan dengan kita di Facebook.

Turn On Post Notification

Berkebalikan dengan dua opsi sebelumnya, “Turn On Post Notification” merupakan semacam alarm yang akan memberikan notifikasi pada kita jika akun yang bersangkutan menggunggah postingan dan unggahannya akan tampil pertama di linimasa kita. Biasanya opsi ini diterapkan kita untuk akun-akun yang menjadi favorit.

Postingan iklan

Hide

Sesuai namanya, opsi ini memungkinkan kita untuk menyembunyikan iklan yang tampil di linimasa. Kita dapat menerapkan opsi ini pada hanya pada satu iklan saja atau bahkan pada pengiklan tertentu untuk menyembunyikan semua iklan dair pengiklan tersebut dari linimasa kita.

Informasi (i)

Ikon berbentuk huruf (i) ini menyimpan tautan yang berisi informasi mengapa seorang kita mendapat iklan-iklan tertentu. Pada informasi tersebut Facebook akan menjelaskan relevansi iklan tersebut terhadap perilaku atau karakter kita selama menggunakan Facebook dan sebagainya.

Kelola

Selain kedua opsi di atas, kita juga dapat mengelola sendiri preferensi iklan mereka sesuai dengan minat dan kategori yang mereka inginkan. Kemudian, sama seperti postingan dari teman, kita juga dapat menyalakan notifikasi pada pengkilan favorit mereka agar iklan yang diinginkan tampil di urutan atas linimasa.

Tak hanya mengelola apa yang ingin dan tak ingin dilihat, kita juga memiliki kendali atas apa saja yang ingin dibagikan pada pengguna Facebook lainnya, misalnya mengatur siapa saja yang dpaat melihat foto, daftar teman, serta informasi akun kita.

Pun, kita dapat menentukan kepada siapa saja postingan kita dibagikan. Ada 4 opsi yakni publik, semua teman, teman-teman tertentu, atau hanya diri kita. Terakhir, demi menghindari hal yang tak diinginkan, kita dapat mengendalikan dan menghapus aplikasi apa saja yang memiliki informasi mengenai kita. Dengan kemudahan ini, harusnya tak ada lagi rasa malas untuk mengelola akun kita karena sudah saatnya makin bijak bermain sosial media.

Tag : facebook
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top