Jalan Nasional Pantura dan Jalur Selatan sudah Mulus, Siap Dilalui Pemudik

Kementerian Perhubungan menghimbau masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan jalan nasional baik di lintas Pantai Utara maupun Pantai Selatan.
Rivki Maulana | 20 Mei 2018 16:47 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (15/6). Jalur lintas selatan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi rute pemudik pada arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1438 H, selain jalur Pantura Jawa atau jalan Tol Palimanan. ANTARA FOTO - Adeng Bustomi

Bisnis.com, CIREBON - Kementerian Perhubungan menghimbau masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan jalan nasional baik di lintas Pantai Utara maupun Pantai Selatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kemantapan jalan nasional kini terbilang prima sehingga bisa menjadi alternatif bagi pemudik. "Kami sudah cek dan (kondisi jalan) bagus sekali. Jadi mudik itu tidak hanya lewat jalan tol," ujarnya di Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, Minggu (20/5/2018).

Dia menambahkan, beberapa proyek jalan tol yang belum seluruhnya rampung juga sudah bisa digunakan dengan status fungsional. PT Jasa Marga (Persero) Tbk merilis, beberapa ruas yang fungsional digunakan pada masa mudik lebaran tahun ini antara lain Brebes Timer-Pemalang dan Solo-Ngawi. Menurut perhitungan Jasa Marga, pemudik bisa melalui 19 ruas tol Trans Jawa dengan bahaya tol Rp351.500.

Di sisi lain Budi Karya juga mengingatkan para pemudik untuk memeriksa kondisi kendaraanya untuk menjamin keselamatan berkendara. Kemenhub juga menggelar ramp check untuk memeriksa kelaikan kendaraan umum.

"Rem dicek, ban, klakson juga diperiksa. Kalau tidak diperiksa nanti bisa terjadi kecelakaan," imbuhnya.

Tag : mudik lebaran
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top