Mudik Lebaran, Garuda Indonesia Siapkan 67.000 Kursi Tambahan

Garuda Indonesia, maskapai layanan penuh atau full service airlines, akan menambah hingga 67.000 kursi selama periode Lebaran tahun ini.
Rio Sandy Pradana | 17 Mei 2018 17:45 WIB
Sejumlah pesawat terparkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (20/3/2018). - ANTARA/Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA--Garuda Indonesia, maskapai layanan penuh atau full service airlines, akan menambah hingga 67.000 kursi selama periode Lebaran tahun ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury mengatakan tambahan kursi tersebut akan dialokasikan untuk penerbangan yang menggunakan pesawat berlorong ganda (wide body) maupun berlorong tunggal (narrow body).

"Kami menambah sekitar 67.000 kursi. Saat ini masih dalam proses finalisasi dan menunggu pembagian slot dari Kemenhub," kata Pahala, Kamis (17/5/2018).

Ikhsan Rosan, Senior Manager Public Relation PT Garuda Indonesia Tbk., menambahkan rute yang akan diberikan kursi tambahan tidak akan berbeda dengan periode Lebaran tahun sebelumnya. Mayoritas akan dialokasikan untuk rute penerbangan intra Pulau Jawa.

Dia menuturkan, juga akan ditambahkan untuk rute Luar Jawa, seperti Padang, Palembang, maupun Makassar. Penambahan rute juga dilakukan untuk mengakomodasi kepentingan wisata.

Terlebih, tidak semua orang memanfaatkan libur Lebaran hanya untuk pulang kampung. Rute destinasi wisata tersebut seperti menuju Denpasar dan Lombok.

Kemudian, kursi tujuan internasional favorit yang ikut ditambah antara lain Singapura, Hong Kong, beberapa kota di Australia dan China.

Terkait dengan isu keamanan yang telah ditingkatkan sejak beberapa waktu lalu, Ikhsan menyebut akan menambah jumlah shift kerja bagi petugas di lapangan saat periode Lebaran hingga menjadi sebanyak tiga kali per hari. Penambahan shift diberlakukan untuk seluruh kantor cabang.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan pengelola bandara. Nanti sistem profiling penumpang dan patroli akan diperketat," ujarnya.

Sebelumnya, Citilink Indonesia, anak usaha Garuda, telah mempersiapkan sebanyak 480 penerbangan tambahan selama periode Lebaran. Adapun, jumlah kursi yang ditambahkan sebanyak 86.400 seat.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan implementasi penerbangan tambahan (extra flight) akan dilakukan mulai 8 hingga 20 Juni 2018. Penambahan hanya dilakukan untuk rute penerbangan yang potensial.

Sementara, rute penerbangan yang akan diberi kursi tambahan di antaranya Jakarta--Solo, Jakarta--Semarang, Jakarta--Jogja, Jakarta--Denpasar, dan Jogja--Kualanamu.

Tag : garuda indonesia
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top