IPC & Semen Indonesia Berkongsi Garap Lahan & Jasa Kepelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) menjalin kerja sama dengan PT Semen Indonesia Tbk (Persero) terkait pemanfaatan lahan dan jasa kepelabuhan.
Rivki Maulana | 17 Mei 2018 16:19 WIB
Aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) menjalin kerja sama dengan PT Semen Indonesia Tbk (Persero) untuk pemanfaatan lahan dan jasa kepelabuhan.

Kerja sama itu tertuang dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang diteken di Jakarta pada Rabu (17/5/2018) oleh Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya dan Direktur Semen Indonesia Hendi Priyo Santoso.

MoU mencakup pemanfaatan produk semen dan nonsemen PT Semen Indonesia dan afiliasinya dalam pengembangan pelabuhan di wilayah kerja IPC. Kerja sama juga termasuk kegiatan Semen Indonesia Logistik dalam hal bongkar muat produk semen dan/atau nonsemen.

IPC juga akan melayani pelayanan pemanduan, penundaan kapal, dan pelayanan barang di Terminal Khusus (Tersus)/TUKS Semen Indonesia dan afiliasinya.

Elvyn mengemukakan kerja sama dengan Semen Indonesia bertujuan membangun kemitraan dan sinergi antar-BUMN. Kongsi itu dinilai bakal menguntungkan masing-masing pihak dengan bersandar pada tata kelola yang baik.

“Semen lndonesia dan IPC memiliki kemampuan dan fungsi yang dapat ditingkatkan dan karenanya kami berharap dapat meningkatkan potensi yang dimiliki kedua belah pihak," ujar Elvyn dalam siaran pers.

Untuk diketahui, IPC mengelola 12 pelabuhan, termasuk Tanjung Priok yang menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia. IPC juga memiliki 17 anak usaha, termasuk PT Jasa Armada Indonesia Tbk yang bergerak di usaha pemanduan dan penundaan kapal.

Tag : pelabuhan, tanjung priok
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top