Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda dan Sriwijaya Kerja Sama 'Code Share' Perkuat Aksesibilitas

Maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air bekerja sama code share penerbangan guna memperluas jaringan, khususnya pasar domestik.
Pesawat Garuda Indonesia./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pesawat Garuda Indonesia./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, TANGERANG - Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group telah melaksanakan penandatanganan kerjasama codeshare untuk memperkuat aksesibilitas dan konektivitas rute penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury mengatakan potensi bisnis codeshare tersebut juga bisa meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan. Diperkirakan maket share kedua grup maskapai tersebut bisa mencapai 52% untuk rute domestik.

"Dengan kerja sama ini, kedua maskapai bisa memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan melalui rute masing-masing," kata Pahala, Rabu (16/5/2018).

Dia menambahkan masih banyak kota-kota yang memiliki pertumbuhan penumpang cukup potensial, tetapi belum dijangkau oleh Garuda Indonesia. Kerja sama tersebut akan menggabungkan rute dari Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Sriwijaya Air, dan NAM Air.

Kerja sama tersebut, lanjutnya, akan dilaksanakan secara bertahap dan akan dievaluasi setiap tahun. Dalam tahap awal kerja sama akan dilakukan untuk rute domestik masing-masing maskapai.

Kedua grup maskapai tersebut mengklaim memiliki 87 rute yang sama dan 104 rute yang tidak sama. Adapun, skema kerja sama akan dilakukan dalam bentuk Special Prorate Agreement (SPA) and Codeshare Agreement.

Detil kerja sama, pertama, pada rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai. Contohnya, dalam satu rute penerbangan bisa dioperasikan oleh Garuda dan dipasarkan Sriwijaya, atau sebaliknya.

Kedua, kerja sama dengan mengkombinasikan rute penerbangan yang dimiliki oleh kedua maskapai. Contohnya, rute Jakarta - Sampit via Semarang, Jakarta - Semarang dioperasikan oleh Garuda, sedangkan Semarang - Sampit dioperasikan oleh Sriwijaya.

Ketiga, Garuda Indonesia atau Citilink akan menempatkan nomor penerbangan (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Sriwijaya/NAM Air atau sebaliknya.

Caption: Dirut Garuda Indonesia Pahala N. Mansury dan Dirut Sriwijaya Air Group Chandra Lie menjawab pertanyaan wartawan usai acara penandatanganan Nota Kesepahaman Codeshare, Rabu (16/5/2018)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper