Amankan Listrik Ramadan, Operasikan 19 Proyek Gardu Induk dan Transmisi

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS mengatakan PLN siap mengamankan pasokan listrik untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten selama Ramadan. Kesiapan ini ditunjang dengan beroperasinya 19 proyek gardu induk dan transmisi 500/150kV.
Denis Riantiza Meilanova | 16 Mei 2018 20:17 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan rutin di Gardu Induk PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa-Bali, di Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA - PLN menyatakan siap mengamankan pasokan listrik di wilayah DKI Jakarta dan Banten selama Ramadan. Kesiapan ini ditunjang dengan beroperasinya 19 proyek gardu induk dan transmisi 500/150kV.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS mengatakan bahwa akan ada peningkatan konsumsi listrik saat Ramadan, terutama pada saat waktu sahur dan berbuka. Peningkatan konsumsi tersebut menyebabkan beban pada sistem PLN naik 1,5 kali lipat.

“Beban naik saat sahur dan buka puasa, tetapi hanya dalam waktu singkat,” ujar Haryanto ditemui di Gardu Induk Gandul, Depok, Rabu (16/5/2018).

Kendati demikian, Haryanto menuturkan PLN telah siap mengantisipasi dan memastikan kebutuhan listrik masyarakat dapat terpenuhi. Beroperasinya 19 proyek gardu induk dan transmisi akan semakin menambah keandalan kelistrikan di DKI Jakarta dan Banten.

“PLN siap mengamankan Ramadan dan Idulfitri,”kata Haryanto.

Hingga Mei 2018, PLN tercatat berhasil menyelesaikan dan mengoperasikan 19 proyek infrastruktur ketenagalistrikan untuk regional Jawa bagian Barat. Proyek dengan total nilai Rp1,37 triliun tersebut terdiri dari proyek gardu induk dengan total kapasitas 2.040 Mega Volt Ampere (MVA) serta jaringan transmisi dan saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) sepanjang 52,83 kilometer sirkit (kms).

Selain untuk menyambut Ramadan, pembangunan proyek tersebut juga sebagai bentuk dukungan PLN dalam mendukung pelaksanaan event Internasional Asian Games 2018 dan untuk menyokong kebutuhan kelistrikan operasional MRT pada 2019 mendatang.

Tag : listrik padam, PLN
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top