Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Butuh KPR Mudah? Ini Tipsnya

Membeli rumah dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) semakin mudah didapatkan.

Bisnis.com, JAKARTA – Membeli rumah dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) semakin mudah didapatkan.

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung merangkum tips untuk millennial sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR.

Pertama, selalu teliti dalam melihat total biaya yang harus dibayarkan sampai akhir pembayaran cicilan KPR.

“Jangan selalu melihat bayaran yang di depan aja, tapi melihat sampai jangka panjang total biaya yang harus dikeluarkan tuh berapa sih plus bunga sampai dikali jangka waktu cicilan,” ujar Untung di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Kedua, carilah bank yang menyediakan tawaran bunga flat dengan jangka waktu yang panjang. Untung menyarankan untuk mencari cicilan bank yang menyediakan minimal bunga flat hingga 3 tahun.

“Kalau bisa cari bunga flat yang lebih dari 3 tahun, karena kami pernah melakukan penelitian juga, dalam tiga tahun daya beli akan balik apalagi karena kenaikan gaji yang kita asumsikan naik 10% per tahun,” tuturnya.

Ketiga, mencari gambaran kasar total cicilan KPR dengan mencari tahu suku bunga floating saat akad kredit dilakukan.

“Tanya setelah flat, floatingnya kira-kira berapa? Atau tanya saat lagi beli bunga floatingnya berapa? Sehingga mendapat gambaran kasar agar tidak kaget di belakang,” katanya.

Keempat, mencari tahu biaya tambahan yang harus dikeluarkan saat akan akad kredit. Untung mengatakan biasanya pembeli yang menggunakan KPR pertama kali tidak mengetahui biaya-biaya tambahan seperti biaya notaris dan lain-lain yang bisa membuat harga down payment menjadi jauh lebih besar.

“Awal liat DP hanya Rp1,1 miliar lalu mau akad kredit dengan biaya-biaya tambahan ternyata harus tambah Rp80 juta, jadi kaget saat akad kredit, jangan sampai menambah hutang yang sudah ada,” papar Untung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Finna U. Ulfah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper