Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Survei: Besaran DP Bebani Milenial Beli Rumah

Mayoritas millennial tidak mampu membeli hunian dengan alasan tidak mampu membayar down payment (DP) yang dinilai terlalu besar.

Bisnis.com, JAKARTA – Mayoritas millennial tidak mampu membeli hunian dengan alasan tidak mampu membayar down payment (DP) yang dinilai terlalu besar.

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung menjelaskan dalam hasil sentiment survey 2018 yang dilakukan Rumah123, besarnya penghasilan ternyata tidak mempengaruhi ketidakmampuan dari pembayaran DP hunian tersebut.

“Mereka yang memiliki penghasilan bulanan baik di bawah atau di atas Rp10 juta tetap kesulitan membayar DP,” ujar Untung di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Berdasarkan hasil sentiment survey 2018 Rumah123, dari total 1.922 responden, 43,44% menjawab alasan belum memiliki hunian dikarenakan ketidakmampuan membayar DP, disusul sebanyak 28,17% karena penghasilan yang tidak mencukupi cicilan, 14,84% menjawab terlalu banyak hutang, dan 13,55% menjawab kurangnya keamanan dan stabilitas pekerjaan.

Respon tersebut kemudian dirinci kembali sesuai dengan jumlah penghasilan, ketidakmampuan membayar DP tetap menjadi alasan utama dengan komposisi 43,24% responden berpenghasilan di bawah Rp10 juta dan 43,62% berpenghasilan di atas Rp10 juta.

“Jadi kurang tepat jika berpikir hanya mereka [konsumen] dengan penghasilan kecil yang kesulitan menyediakan dana untuk pembayaran DP,” katanya.

Untung mengatakan pemerintah dan pengembang sebetulnya telah melakukan beberapa upaya untuk meringankan beban pembayaran DP bagi konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Finna U. Ulfah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper