Kemenperin Targetkan 1.795 SMK Kerja Sama dengan Industri pada 2019

Kementerian Perindustrian menargetkan bisa mengajak 1.795 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk dibina dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan di Tanah Air pada tahun depan.
Dinda Wulandari | 11 Mei 2018 10:09 WIB
Siswa SMK merakit komputer jinjing. - JIBI

Bisnis.com, PALEMBANG -- Kementerian Perindustrian menargetkan bisa mengajak 1.795 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk dibina dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan di Tanah Air pada tahun depan.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto mengatakan saat ini sudah terdapat 1.735 SMK dengan total 609 industri yang sudah bekerja sama.

"Kemenperin meluncurkan program pendidikan vokasi industri dalam rangka membangun link and match antara SMK dengan industri," ujarnya dalam peluncuran program vokasi industri Sumatra Bagian Selatan di Palembang, Jumat (11/5/2018).

Panggah mengemukakan pihaknya berharap program vokasi dapat menghasilkan lulusan SMK yang kompeten dan siap kerja sesuai kebutuhan industri.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato menyatakan pihaknya juga telah melakukan penyelarasan kurikulum berikut modul pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan industri, sebanyak 34 kompetensi keahlian.

"Selanjutnya agar program link and match SMK dan industri dapat berjalan baik, perlu dukungan peralatan praktik minimal di SMK," tuturnya.

Airlangga menambahkan pihaknya telah mengusulkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat memfasilitasi penyediaan peralatan praktik minimal di SMK tersebut.

Tag : kemenperin, smk
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top