Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Termina BBM Plumpang Paling Efisien Kedua di Dunia

Terminal Bahan Bakar Minyak atau TBBM Plumpang disebut memenangkan tanki penyimpanan BBM paling efisien di dunia. TBBM Plumpang menjadi tanki penyimpanan BBM terbaik kedua setelah Saudi Aramco Terminal dalam kategori paling efisien pada gelaran Global Tank Storage.
Awak mobil tangki (AMT) bersiap melakukan pengisian bahan bakar minyak ke dalam mobil tangki Pertamina di Terminal BBM Jakarta Group Plumpang, Jakarta Utara, Senin (27/11)./JIBI-Nurul Hidayat
Awak mobil tangki (AMT) bersiap melakukan pengisian bahan bakar minyak ke dalam mobil tangki Pertamina di Terminal BBM Jakarta Group Plumpang, Jakarta Utara, Senin (27/11)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Terminal Bahan Bakar Minyak atau TBBM Plumpang disebut memenangkan tanki penyimpanan BBM paling efisien di dunia. TBBM Plumpang menjadi tanki penyimpanan BBM terbaik kedua setelah Saudi Aramco Terminal dalam kategori paling efisien pada gelaran Global Tank Storage.

Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo mengatakan, TBBM Plumpang ini telah dilengkapi dengan Vapour Recovery Unit (VRU). "Hal itu membuat terminal BBM Plumpang menjadi lebih aman dan peduli terhadap lingkungan," ujarnya dalam keterangan resmi pada Selasa (8/5).

Dalam publikasi Global Tank Storage, TBBM Plumpang dinilai sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia. Hal ini karena Plumpang mensuplai ke sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau ke sekitar 25% dari total kebutuhan SPBU Pertamina. Thruput BBM rata rata sebesar 16.504 Kiloliter per hari dan wilayah distribusi utamanya meliputi Jabodetabek.

Beroperasi mulai tahun 1974, Terminal BBM Plumpang memiliki kapasitas tangki timbun sebesar 291.889 Kiloliter. Saat ini Terminal BBM Plumpang menyalurkan produk dengan varian yang sangat lengkap yaitu Premium, Bio Solar, Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo, melalui Terminal Automation System (TAS) berkelas dunia yang biasa disebut New Gantry System ke kompartemen 249 unit mobil tangki.

Penerapan New Gantry System di TBBM Plumpang itu pun memberikan beberapa keuntungan seperti, waktu pengisian lebih cepat 2.200 liter per menit dari sebelumnya 800 liter dan 1.000 liter. Hal itu membuat flowmeter yang dioperasikan turun 48% menjadi 39 unit dibandingkan dengan sebelumnya 74 unit.

TBBM Plumpang juga memiliki bangsal pengisian yang compact dan multiproduk sehingga dapat mengisi mobil tangki untuk beberapa jenis produk secara bersamaan.

Selain itu, TBBM Plumpang juga Lebih aman karena memiliki sistem interlock pada proses pengisian BBM untuk mencegah terjadinya tumpahan BBM akibat kegagalan saat pengisian, mencegah terjadinya kebakaran serta mencegah kesalahan dalam proses pengisian BBM.

Sistem otomatis saat pengisian pun menghilangkan kesalahan pencatatan akibat kesalahan manusia sebagai operator secara manual. Lalu, TBBM Plumpang juga Memiliki sistem pipa overhead sehingga memudahkan dalam pemeliharaan dan modifikasi.

Terakhir, TBBM Plumpang juga memiliki sistem monitoring dan control yang redundant untuk menghindari adanya kegagalan operasi dengan menjamin sistem dapat bekerja 24 jam.

Global Tank Storage Awards adalah ajang prestigius di industri Unit Penyimpanan (Storage and Terminal) yang diadakan oleh majalah Tank Storage di Rotterdam. Penghargaan bertujuan sebagai apresiasi terhadap perusahaan maupun individu yang berkecimpung di industri hilir Oil & Gas seluruh dunia yang memiliki operasional terminal, safety dan inovasi excellent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Surya Rianto
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper