Ini 4 Trik Jitu Cegah Penyebaran Berita Bohong

Rayful Mudassir
Sabtu, 5 Mei 2018 | 12:05 WIB
Hoax/Istimewa
Hoax/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Masyarakat Anti Fitnah Indonesia mengeluarkan empat trik jitu untuk memberantas hoaks di media sosial yang makin marak di masyarakat.

Ketua Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Septiaji Nugroho mengatakan empat poin yang perlu dilakukan bersama adalah pengecekan fakta, sosialisasi edukasi literasi digital, memperkuat opini publik dengan anti hoaks, dan mengintensifkan silaturahmi.

Menurutnya, masyarakat dapat menggunakan akun cekfakta.com untuk melakukan pengecekan terkait sebuah informasi yang diterima masyarakat di media sosial. Nantinya, tim cekfakta.com akan mencari tahu kebenaran terkait berita yang dicurigai hoaks tersebut.

"Fact checking membuat forum cek fakta. Upaya cek fakta itu melibatkan publik untuk mendapatkan sebuah klarifikasi yang benar," ujar Septiaji dalam Trusted Media Summit 2018 di Jakarta, Sabtu (5/5/2018).

Selain itu, diperlukan sosialisasi literasi sehingga masyarakat tidak mudah dipengaruhi oleh penyebaran berita bohong. Adapun langkah lainnya adalah membuat opini publik untuk memerangi berita hoaks.

Terakhir, tetap menjalin silaturahmi. Langkah kecil ini dinilai akan membantu seluruh pihak untuk saling meredam perselisihan.

Di tengah kecanggihan teknologi kini, kebanyakan masyarakat tidak lagi menjalin pertemuan langsung karena telah dimudahkan oleh digital.

"Silaturahmi dengan banyak orang akan meredam sebuah emosi dan perbanyak piknik dan guyon," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper