Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Air Group Evakuasi dan Cari Penyebab Insiden Pesawat di Gorontalo

Lion Air Group langsung melakukan persiapan untuk proses evakuasi pesawat dan penyelidikan lebih lanjut atas kejadian penerbangan pesawat JT 892 di Gorontalo.
Pesawat Lion Air mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/6)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pesawat Lion Air mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/6)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA -- Lion Air Group langsung melakukan persiapan untuk proses evakuasi pesawat dan penyelidikan lebih lanjut atas kejadian penerbangan pesawat JT 892 di Gorontalo.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang M. Prihantoro mengatakan operasional Bandara Djalaluddin, Gorontalo (GTO) dibuka khusus untuk penerbangan evakuasi dan dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan untuk pesawat sekelas ATR, dengan panjang landasan pacu (runway) 1.300 meter dan lebar 30 meter.

"Sebagai bagian upaya dalam proses kelancaran tersebut, tim teknik, pihak berwenang beserta peralatan evakuasi dan investigasi telah diterbangkan dari Bandara Sam Ratulangi, Manado (MDC) pada pukul 12.20 WITA menggunakan pesawat ATR 72-600 IW 2167, diperkirakan tiba di Gorontalo pada 13.10 WITA. Selain itu, tim juga telah diberangkatkan dengan satu jenis Grand Caravan," paparnya, Senin (30/4/2018).

Terkait mengenai operasional dari dan ke Bandara Djalaluddin, beberapa pesawat Lion Air Group mengalami pembatalan penerbangan (cancel flight), sesuai pengumuman resmi dari otoritas bandara (notam) yaitu berupa perpanjangan penutupan operasional bandar udara sementara hingga pukul 07.00 WITA pada Rabu (2/5), adalah sebagai berikut:

  • Lion Air JT 792 Makassar – Gorontalo
  • Lion Air JT 793 Gorontalo – Makassar
  • Lion Air JT 892 Makassar – Gorontalo
  • Lion Air JT 891 Gorontalo – Makassar
  • Batik Air ID 6236 Makassar – Gorontalo
  • Batik Air ID 6235 Gorontalo – Makassar
  • Batik Air ID 6242 Cengkareng – Gorontalo
  • Batik Air ID 6243 Gorontalo – Cengkareng
  • Wings Air IW 1165 Manado – Gorontalo
  • Wings Air IW 1164 Gorontalo – Manado
  • Wings Air IW 1167 Manado – Gorontalo
  • Wings Air IW 1166 Gorontalo – Manado
  • Wings Air IW 1193 Palu – Gorontalo
  • Wings Air IW 1192 Gorontalo – Palu

Lion Air Group berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya dan juga memfasilitasi/melayani seluruh penumpang sesuai kebutuhan menurut ketentuan dan peraturan yang berlaku seperti pembatalan penerbangan, penyesuaian jadwal melalui destinasi lain (reroute), perubahan jadwal terbang (reschedule), pengembalian dana tiket (refund), ataupun kompensasi lainnya.

Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul dari kejadian tersebut, agar penerbangan-penerbangan lainnya tidak terganggu.

Lion Air Group menyatakan permohonan maaf kepada para pelanggan beserta seluruh pihak yang terganggu dengan adanya kejadian veer off/runway excursion Lion Air nomor JT 892 dari Makassar ke Gorontalo sesaat setelah mendarat, pada Minggu (29/4) dengan pesawat jenis Boeing 737-800NG registrasi PK-LOO. Saat situasi tersebut terjadi, jarak pandang dilaporkan memenuhi persyaratan pendaratan dan kondisi hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper