Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Air Buka Rute Baru Carter ke Haiko

Maskapai Lion Air membuka rute baru carter menuju Haikou, salah satu kota di China yang merupakan Ibu Kota Provinsi Hainan. Rute tersebut berlaku efektif hari ini yang dilayani dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) menuju Bandar Udara Internasional Meilan Haikou (HAK).
Pesawat Lion Air di Bandara Internasional Soekarno-Hatta/Reuters-Beawiharta
Pesawat Lion Air di Bandara Internasional Soekarno-Hatta/Reuters-Beawiharta

Bisnis,com, JAKARTA — Maskapai Lion Air membuka rute baru carter menuju Haikou, salah satu kota di China yang merupakan Ibu Kota Provinsi Hainan. Rute tersebut berlaku efektif hari ini yang dilayani dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) menuju Bandar Udara Internasional Meilan Haikou (HAK).

Edward Sirai, tCEO Lion Air Group mengatakan peluncuran rute carter tersebut merupakan kerja sama Lion Air Group bersama dengan Hainan United Airlines Travel Group Co.,Ltd. Lion Air beroperasi pada destinasi tersebut dengan satu kali penerbangan setiap Jumat dalam sepekan, menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900ER yang berkapasitas 215 kursi.

Adapun, jadwal keberangkatan bernomor JT 2661 dari Juanda pada 17.40 WIB dan tiba di Haikou pada 23.45 waktu setempat. Untuk rute sebaliknya diterbangkan setiap Sabtu dengan keberangkatan dari Haikou nomor penerbangan JT 2660 pada 00.55 waktu setempat dan mendarat di Surabaya pada 05.00 WIB.

”Kami sangat bangga kembali memperluas konektivitas internasional dengan membuka penerbangan carter ke Tiongkok dari kota terbesar kedua di Indonesia yaitu Surabaya. Pengoperasian ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan guna memperkuat network di wilayah Asia Pasifik. Rute baru Surabaya-Haikou akan meningkatkan layanan kepada pelanggan dan melengkapi lebih banyak pilihan tujuan perjalanan udara dari Tiongkok ke Indonesia, selain dari Jakarta dan Bali,” kata Edward melalui keterangan resminya, Jumat (27/4/2018).

Hainan United Airlines Travel Group Co.,Ltd. telah menjalin kemitraan dengan Lion Air Group untuk menghubungkan beberapa destinasi dari Indonesia menuju China antara lain pada 5 Agustus 2017 melayani penerbangan carter dari Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Sanya Phoenix (SYX). Selain itu, sejak 30 September 2018 sudah diresmikan penerbangan dari Jakarta menuju Haikou, dan mulai 26 Maret 2018 telah beroperasi rute dari Surabaya menuju Sanya.

Menurutnya, Lion Air Group dan Hainan United Airlines Travel Group Co.,Ltd. juga melaksanakan misi untuk membawa dan mengajak para warga China,  terutama dari Haikou untuk berkunjung menuju Indonesia.

“Langkah strategis ini merupakan bagian dalam membantu mendukung capaian target wisatawan mancanegara sebanyak 17 Juta yang menjadi progrram Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Sebaliknya, Kehadiran jaringan penerbangan baru tersebut senantiasa memberikan nilai lebih kepada masyarakat di Surabaya dan sekitarnya untuk bisa berkunjung dan berlibur menuju salah satu kota di China  yaitu Haikou,” ujarnya.

Anthon Teddy, Hainan United Airlines Travel Group Co.,Ltd mengungkapkan dengan adanya kerjasama tersebut, pihaknya optimistis jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia, khususnya dari Surabaya. Kemudian, dapat memperkenalkan destinasi-destinasi lainnya di dalam negeri

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Lion Air dan pihak terkait lainnya, sehingga hari ini kembali membuka penerbangan menuju Tiongkok,” ucap Anthon.

Menurut informasi, sejak Agustus 2017 jumlah wisatawan yang dibawa oleh Hainan United Airlines Travel Group Co.,Ltd. dan Lion Air Group dari Indonesia menuju Tiongkok mencatatkan angka hingga 14.000, sedangkan dari China menuju Indonesia mencapai 3.000 wisatawan mancanegara.

Saat ini, Lion Air memiliki frekuensi penerbangan hingga lebih dari 640 penerbangan perhari dengan jumlah armada 118 pesawat, terdiri dari tipe Boeing 737-800 NG, Boeing 737-900 ER, Airbus A330-300, dan pesawat terbaru Boeing 737 MAX 8

Di Jawa Timur, Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya merupakan salah satu penghubung utama (main hub) bagi Lion Air Group yang menawarkan banyak konektivitas penerbangan menuju Sumenep, Banyuwangi, Jember, Palembang, Padang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya, Sampit, Tarakan, Denpasar, Lombok, Kupang, Kendari, Makassar, Palu, Manado, Sorong dan Ambon. Untuk penerbangan internasional regular menuju Kuala Lumpur, Malaysia serta umrah ke Jeddah dan Madinah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper