Genjot Mutu Layanan, Pelindo III Gencar Sertifikasi Karyawan

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyatakan bakal fokus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia guna menggenjot layanan kepada para pengguna jasa.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 27 April 2018  |  13:11 WIB
Genjot Mutu Layanan, Pelindo III Gencar Sertifikasi Karyawan
Ilustrasi: Terminal Peti Kemas Semarang - Pelindo III

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyatakan bakal fokus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia guna menggenjot layanan kepada para pengguna jasa. Sosialisasi standar pelayanan juga dinilai penting agar kualitas layanan di pelabuhan tetap terjaga.

Direktur Komersial dan Operasional Pelindo III Mohammad Iqbal mengatakan selama April 2018 perseroan menggelar sosialiasi standar pelayanan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, dan Pelabuhan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dia menyebutkan penyusunan standar pelayanan merupakan amanat Undang-undang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Pedoman Standar Pelayanan.

"Setiap penyelenggara pelayanan publik, termasuk Pelindo III wajib menetapkan standar pelayanan," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Jumat (27/4/2018).

Iqbal menambahkan, standar pelayanan yang dibuat bersama dengan pemangku kepentingan menjadi landasan bagi peseroan untuk meningkatkan mutu layanan.

BUMN kepelabuhanan yang berkantor pusat di Surabaya itu tengah fokus melengkapi sertifikasi petugasnya agar bisa memberikan layanan prima kepada pengguna jasa.

Beberapa sertifikasi itu antara lain SIO (Surat Izin Operator), sertifikasi B dan C, Ahli K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) dan pergudangan, Ahli K3 umum dan kimia, serta sertifikasi petugas pandu kapal.

CEO Regional Jawa Timur Pelindo III, Onny Djayus, memaparkan, manajemen juga telah merilis peraturan tentang Sistem dan Prosedur Pelaksanaan Pengamanan Terminal. Aturan itu disebut sebagai komitmen manajemen untuk meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhan 24/7 atau 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. 

"Peraturan ini juga janji layanan 10 menit (mulai pelayanan dokumen mulai PPKB, penelitian dokumen, validasi, entry, verifikasi, dan distribusi data), serta jaminan keamanan," paparnya.

CEO Regional Kalimantan Pelindo III Recky Julius Uruilal menambahkan, sosialisas standar layanan menjadi kesempatan bagi operator untuk menamoung aspirasi para pengguna jasa sehingga dapat mengembangkan pelayanan yang baku. Dia menyebutkan sosialisasi standar pelayanan kepelabuhanan nantinya akan didokumentasikan dalam bentuk buku dan dibagikan kepada para stakeholder maupun para pengguna jasa.

"Sehingga, proses pelayanan yang berlangsung di lingkungan kerja Pelindo III dapat dipantau secara bersama dan transparan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelabuhan

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top