Makassar New Port Akan Terhubung Dengan Kereta Trans Sulawesi

Makassar New Port akan terhubung dengan jaringan kereta Trans Sulawesi. Tahap pertama proyek MNP ditargetkan selesai pada Oktober 2018.
Rivki Maulana | 27 April 2018 01:50 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) mendengarkan penjelasan Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV Farid Padang (kedua kanan) disaksikan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal saat meninjau proyek pembangunan Makassar New Port (MNP), di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (26/1/2018) - .JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyatakan Makassar New Port (MNP) akan terhubung dengan jaringan kereta Trans Sulawesi. Tahap pertama proyek MNP ditargetkan selesai pada Oktober 2018.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan konstruksi MNP menggunakan teknologi secant pile dengan sistem boring sehingga waktu konstruksi lebih efisien dan kualitas lebih baik.

"Penerapan teknologi ini hanya ada dua di dunia yaitu di Liverpool (Inggris) dan Makassar New Port," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com pada Kamis (26/4/2018).

Secara umum, progres fisik MNP tahap pertama mencapai 66,62% per 22 April 2018. Tahap pertama dibangun dalam tiga paket yang mana Paket A dimulai sejak Juni 2015 dengan progres telah mencapai 77,37%.

Paket A meliputi pembangunan akses jalan, dermaga, dan lapangan penumpukan petikemas berkapasitas terpasang mencapai 1,5 juta twenty-foot equivalent unit (TEUs).

Sementara itu, Paket B dan Paket C yang mulai dibangun pada September 2016 masing-masing mencatat progres 67,11% dan 48,3%.

Konstruksi Paket B mencakup mereklamasi laut seluas 13 hektare, pekerjaan causeway 1.276 meter, lapangan peti kemas sekitar lebih 16 hektare, dan pengerukan kolam pelabuhan sedalam 16,0 mean low water springs (mLWS). Adapun konstruksi Paket C meliputi pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter.

Doso mengatakan dermaga di MNP akan terhubung dengan jaringan kereta Trans Sulawesi. Dia menilai proyek MNP juga perlu didukung integrasi jalan dari gerbang MNP ke jalan tol. Untuk itu, Pelindo IV akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan (PUPR).

Tag : pelabuhan
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top