Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sillo Maritime Beli Armada FSO

PT Sillo Maritime Perdana Tbk. lewat anak usahanya PT Suasa Benua Sukses (SBS) membeli satu unit floating storage offloading (FSO) untuk menggarap kontrak baru.
FSO Scarlet Trader/Vessel Finder
FSO Scarlet Trader/Vessel Finder

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sillo Maritime Perdana Tbk. lewat anak usahanya PT Suasa Benua Sukses (SBS) membeli satu unit floating storage offloading (FSO) untuk menggarap kontrak baru. SBS mengandalkan pinjaman untuk pembiayaan FSO bernama Scarlet Trader.

Berdasarkan keterangan resmi yang dilansir Sillo Maritime, Kamis (26/4/2018), SBS mendapat pinajaman sebesar US$25 juta pada 25 April 2018 dari EFA RET Management PTe Ltd.

Sepekan sebelumnya, SBS juga mendapat pinjaman dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebesar US$29 juta untuk membiayai pembelian Scarlet Trader. Walhasil, SBS meraup pinjaman US$54 juta dari dua institusi untuk membeli armada FSO.

FSO merupakan kapal yang berfungsi menampung minyak mentah. Dikutip dari berbagai sumber, FSO Scarlet Trader memiliki panjang 272 meter atau 2,72 kali panjang lapangan sepak bola. Kapal berbendera Kepulauan Marshall itu memiliki bobot mati 126.646 DWT (dead weight ton).

Pembelian FSO oleh FSO sejalan dengan perolehan kontrak FSO dari perusahaan migas. Dalam keterangan resmi 4 Januari 2018 lalu, manajemen juga melansir perolehan kontrak baru yang mana SBD memenangkan tender time charter oil/condensate FSO services dari Petrochina International Jabung Ltd. Nilai kontrak tersebut diperkirakan mencapai US$76,32 juta.

Petrochina hingga 2017 lalu merupakan salah satu klien utama Sillo Maritime. Total pendapatan perseroan dari Petrochina mencapai US$14,14 juta atau 32% terhadap total pendapatan.

Selain Petrochina, perusahaan lain yang menjadi klien penting perseroan adalah CNOOC SES Ltd Malaysia dan PT Pelayaran Trans Parau Sorat. Keduanya masing-masing memyumbang pendapatan US$19,68 juta dan US$ 10 juta.

Secara umum, pendapatan Sillo Maritime pada 2017 mencapai US$46,31 juta atau tumbuh 157% secara tahunan. Dari pendapatan tersebut, Sillo Maritime meraup laba bersih US$13,13 juta atau tumbuh 107% secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper