Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Melemah, CP Prima Naikkan Harga Pakan Ikan Sejak April

PT Central Proteina Prima Tbk. (CP Prima) telah menaikkan harga jual pakan ikan mulai bulan ini menyusul pelemahan nilai tukar rupiah dan kenaikan harga bungkil kedelai.
Pakan Ikan/Ilustrasi
Pakan Ikan/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Central Proteina Prima Tbk. (CP Prima) telah menaikkan harga jual pakan ikan mulai bulan ini menyusul pelemahan nilai tukar rupiah dan kenaikan harga bungkil kedelai.

Direktur Pemasaran CP Prima Hendri Laiman mengatakan kenaikan harga pakan ikan dan udang berkisar 1%-2% meskipun pembengkakan biaya produksi mencapai 6%-8%. Pertimbangannya, agar beban pembudi daya tidak semakin berat, apalagi petambak udang yang tengah menghadapi penurunan harga udang.

"Kami tekan margin agar industri ini bisa tetap tumbuh," katanya kepada Bisnis, Rabu (25/4/2018).

Hendri menjamin CP Prima tidak akan menurunkan kualitas pakan. Menurut dia, pangsa pasar harus tetap dijaga di tengah kondisi perikanan budi daya yang berat karena sebagian besar bahan baku diimpor.

Hendri mengatakan kemungkinan untuk kembali menaikkan harga hingga 4% masih ada, tetapi perusahaan masih berhitung sambil melihat dinamika pasar. Perseroan juga akan sangat berhati-hati menaikkan harga pakan udang karena usaha pertambakan komoditas itu sedang didera penurunan harga panen.

CP Prima, lanjut dia, tak merisaukan kemungkinan pembudi daya beralih ke pakan mandiri karena pangsa pakan mandiri masih sangat kecil.

"Apalagi mereka harus buat tiap hari," ujarnya.

CP Prima setiap tahun menjual pakan perikanan sekitar 500.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper