Saudia Airlines Terbangkan 110.000 Jemaah Haji Indonesia

PT Ayu Berga melaporkan Saudia Airlines akan menerbangkan lebih dari 110.000 orang calon jemaah haji dari Indonesia pada 2018.
Rio Sandy Pradana | 25 April 2018 22:18 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Saudia Airlines termasuk maskapai yang akan menerbangkan calon jemaah haji asal Indonesia.

PT Ayu Berga melaporkan Saudia Airlines akan menerbangkan lebih dari 110.000 orang calon jemaah haji dari Indonesia pada 2018.

Presiden Direktur PT Ayu Berga Andri Bermawi mengatakan jumlah itu terdiri dari 98.000 calon jemaah haji dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan 12.000 orang dari kategori haji plus. Adapun, Ayu Berga merupakan satu-satunya agen penjualan umum (General Sales Agent/GSA) Saudia dari Indonesia.

"Total lebih dari 110.000 orang, ada yang menggunakan pesawat reguler maupun charter," kata Bermawi, Rabu (25/4/2018).

Dia menambahkan saat ini Saudia sudah memiliki 24 penerbangan langsung per pekan dari Jakarta menuju Arab Saudi. Kota lain yang juga memiliki rute penerbangan langsung adalah Surabaya tiga kali per pekan, Medan dua kali, dan Makassar tiga kali.

Pihaknya siap membantu Saudia agar bisa menerbangi kota lain di Indonesia. Kemungkinan Saudi akan berekspansi menuju destinasi Palembang dan Balikpapan.

"Selama ini seat load factor cukup bagus, rata-rata 80% per hari," ujarnya.

Sementara itu, VP Sales Saudia Airlines Richard Nuttal mengakui Indonesia adalah salah satu pasar yang potensial bagi maskapai milik Kerajaan Arab Saudi tersebut.

"Selama ini kami sudah menerbangkan ribuan jemaah haji dan umrah. Ada lebih dari 10.000 seat per minggu dan bisa bertambah saat peak season," kata Nuttal.

Pihak Kerajaan, lanjutnya, akan meningkatkan kuota untuk haji dan umrah dari 11 juta menjadi 30 juta orang per tahun. Pertumbuhan hampir tiga kali lipat tersebur akan dilakukan hingga 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top