Brazilian Investment Bank Tertarik Investasi di Proyek Pelabuhan

Bisnis.com, JAKARTA Pelaku usaha perbankan dari Brasil berniat mengucurkan investasi pada proyek strategis nasional atau PSN pemerintahan Presiden Joko Widodo. Lebih spesifik mereka tengah menjajaki pengembangan di dalam pelabuhan.
Ipak Ayu H Nurcaya | 23 April 2018 18:15 WIB
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjembatani pertemuan antara calon investor asal Brazil dan K/L terkait guna penjajakan investasi di Pelabuhan, Senin (23/4/2018). Bisnis - Ipak Ayu H.N

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku usaha perbankan dari Brasil berniat mengucurkan investasi pada proyek strategis nasional atau PSN pemerintahan Presiden Joko Widodo. Lebih spesifik mereka tengah menjajaki pengembangan di dalam pelabuhan.

CEO Brazilian Investment Bank Geraldo Simoes mengatakan, pihaknya sudah mendapat sedikit presentasi sejumlah proyek pelabuhan. Namun, pihaknya mengaku masih butuh detail tentang masing-masing pengembangan di dalam pelabuhan. Sebab, baginya detail suatu proyek sangat penting untuk diketahui sebelum melakukan investasi.

"Kami sedang menjalani penjajakan dan Brazilian investment Bank siap membiayai dan berkomitmen tetapi kami butuh melihat lagi kebutuhan dan permintaan suatu proyek yang dibiayai secara spesifik," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (23/4/2018).

Simoes mengemukakan Presiden Brasil dalam waktu dekat juga akan mengunjungi Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Namun, demikian Pemerintah Brasil juga tidak memiliki tenggat waktu untuk memulai investasi di Indonesia.

Construction Director DTA Engenharia Charles P. Fournier menambahkan ini kali pertama pihaknya bertemu dengan pemerintah Indonesia dan mendapat paparan proyek secara langsung. Menurutnya, Indonesia dalam akselesari pengembangan infrastruktur saat ini tentu sangat menarik di mata investor.

"Kami memang fokus pada proyek kemaritiman seperti yang sudah kami lakukan di Brasil. Namun, untuk mekanisme, eksekusi, dan bisnis modelnya ini yang masih akan menjadi bahan diskusi," ujarnya.

Menurut Fournier, pihaknya juga masih akan melihat bisnis model yang ditawarkan pemerintah Indonesia sebab belum sepenuhnya memahami.

Selain itu, Brasil juga akan menimbang melalui tawaran insentif yang diberikan serta proses pengembangan proyek yang akan dilakukan di Indonesia. Mekanisme yang dapat digunakan untuk meninglkatkan ekonomi suatu proyek juga penting bagi investor.

Adapun rombongan calon investor dari Brasil hari ini mendapat paparan tiga proyek pelabuhan yang semuanya masuk dalam kategori PSN yakni Patimban, Kuala Tanjung, dan Bitung oleh perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan K/L terkait.

Tag : pelabuhan
Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top