Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Pembangkit Bioenergi Siap Beroperasi

Empat pembangkit listrik berbasis bioenergi akan segera beroperasi. Pembangkit tersebut antara lain, PLT Biogas Tanah Laut Kalimantan Selatan, PLT Biogas Lamandau Kalimantan Tengah, PLT Biogas Paser Kalimantan Timur, dan PLT Biomassa Bodohula Sumba Barat Nusa Tenggara Timur.
Tandan buah segar/Bisnis.com
Tandan buah segar/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Empat pembangkit listrik berbasis bioenergi akan segera beroperasi. Pembangkit tersebut antara lain PLT Biogas Tanah Laut Kalimantan Selatan, PLT Biogas Lamandau Kalimantan Tengah, PLT Biogas Paser Kalimantan Timur, dan PLT Biomassa Bodohula Sumba Barat Nusa Tenggara Timur.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulayana mengatakan pengoperasian pembangkit listrik tersebut merupakan optimalisasi aset negara yang akan dihibahkan kepada Pemerintah Daerah.

"Kita mengoptimumkan aset-aset yang berbasis Anggaran Pendatan dan Belanja Negara (APBN). Disini kuncinya karena ini adalah uang rakyat jadi tujuannya untuk rakyat juga," ujar Rida saat penandatangan Kerja Sama Operasi (KSO) PLT Bioenergi antara Direktorat Jenderal EBTKE dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jakarta, dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Rabu (18/4/2018).

Kehadiran PLT berbasis bioenergi diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap energi yang akan mendorong peningkatan kualitas hidup dan perekonomian melalui industri kecil atau rumah tangga.

Selain itu, berkontribusi mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim, sekaligus memenuhi kebutuhan energi nasional dan mendukung pencapaian target bauran energi terbarukan sesuai yang telah diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014.

Usai penandatangan KSO, akan dilakukan inspeksi bersama (joint inspection) untuk mendeteksi kondisi awal sebagai referensi pengoperasian dan pemanfaatan pembangkit listrik berbasis bioenergi tersebut.

Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole mewakili Pemerintah mengapresiasi langkah Pemerintah. Apalagi sasaran pembangunan diperuntukkan kepada daerah yang memang membutuhkan pasokan listrik.

"Atas nama Pemerintah Daerah, ini menunjukkan kepedulian Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah. Dengan begitu, ini akan dapat memenuhi kebutuhan energi listrik yang berdampak pada ekonomi masyarakat," ujar Agustinus.

Agus mengharapkan setelah proses serah terima aset, Kementerian ESDM tetap memberikan pendampingan dalam pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit listrik bioenergi.

Adapun bagi PLN, pengoperasian pembangkit listrik bioenergi memberikan keuntungan bagi korporasi, seperti penurunan Biaya Pokok Penyediaan (BPP). "Ini kami hitung bisa menurunkan BPP untuk Sumba Barat Rp2.600," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN Djoko Raharjo Abumanan.

Sementara itu,  Direktur Bioenergi Andriah Feby Misnah menuturkan akan ada dua PLT Bioenergi lainnya dengan skema KSO antara Ditjen EBTKE dengan PT PLN, yaitu PLT Biogas Merangin, Jambi dan PLT berbasis Bahan Bakar Nabati di Belitung.

"Saat ini kedua pembangkit masih dalam proses commisioning," kata Andriah.

Untuk diketahui, selama periode 2013 - 2016, Ditjen EBTKE telah membangun sepuluh unit pembangkit listrik berbasis bioenergi, dimana delapan unit pembangkit pengelolaanya diserahkan kepada Pemda melalui BUMD, dan 2 unit pembangkit lagi kepada BUMN melalui mekanisme penyertaan modal pemerintah. Sepuluh unit pembangkit listrik berbasis bioenergi tersebut terdiri dari satu unit PLTSa, satu unit PLTBn, satu unit PLTBm, dan tujuh unit PLTBg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper