Ingin Depak Intel & Qualcomm, Facebook Bentuk Tim Pembuat Chip Sendiri

Facebook Inc. sedang menyusun sebuah tim untuk mendesain chip semikonduktor, demi menurunkan ketergantungan mereka pada produsen chip seperti Intel Corp dan Qualcomm Inc.
Aprianto Cahyo Nugroho | 19 April 2018 09:41 WIB
Ilustrasi Facebook. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA – Facebook Inc. sedang menyusun sebuah tim untuk mendesain chip semikonduktor, demi menurunkan ketergantungan mereka terhadap produsen chip seperti Intel Corp dan Qualcomm Inc.

Perusahaan media sosial ini mempekerjakan seorang manajer untuk membangun "end-to-end SoC / ASIC, firmware dan organisasi pengembangan driver," menurut daftar lowongan pekerjaan di situs web perusahaan, yang menunjukkan bahwa upaya tersebut masih dalam tahap awal.

The Menlo Park, perusahaan yang berbasis di California akan bergabung dengan raksasa teknologi lainnya yang menangani upaya besar-besaran untuk mengembangkan chip semikonduktor. Pada tahun 2010, Apple Inc. mulai mengirimkan chipnya sendiri dan sekarang menggunakannya di banyak lini produk utamanya. Induk Google, Alphabet Inc., juga telah mengembangkan chip kecerdasan buatan (AI) sendiri.

Dilansir Bloomberg, Facebook dapat menggunakan chip tersebut untuk perangkat keras, perangkat lunak kecerdasan buatan, dan server di pusat datanya. Bulan depan, perusahaan akan meluncurkan Oculus Go, headset virtual reality senilai US$200 yang menggunakan prosesor Qualcomm. Facebook juga mengerjakan banyak speaker pintar. Generasi mendatang dari perangkat tersebut dapat diperbarui dengan chipset khusus.

Dengan menggunakan prosesornya sendiri, Facebook akan memiliki kontrol yang lebih baik terhadap pengembangan produk dan akan dapat menyesuaikan perangkat lunak dan perangkat kerasnya secara lebih baik.

Ketika dimintai keterangan oleh Bloomberg, Facebook menolak mengomentari lowongan pekerjaan tersebut.

Sistem pada chip, atau SOC, adalah jenis semikonduktor yang berisi beberapa komponen terpisah yang dibangun menjadi satu bagian silikon. SOC biasanya digunakan di perangkat seluler yang lebih mengutamakan efektivitas ruang dan properti hemat energi. Fungsi utama sebagian besar ponsel pintar disediakan oleh SOC.

ASIC, atau sirkuit terintegrasi khusus aplikasi, adalah chip yang dirancang untuk tujuan yang khusus. Komponen itu sering kali tercepat atau paling efisien dalam menjalankan perangkat lunak tertentu. Kelemahan chip ini adalah ASIC menjadi chip terkunci dan dapat terbebani seiring waktu jika perangkat lunak dan beban kerja berevolusi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
facebook

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top