25 BUMN Bagi 25.285 Tiket Mudik Gratis Dengan Kapal Pelni

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal laut ke lebih dari sepuluh rute. Sebanyak 25 BUMN berpartisiasi dalam pemberian tiket gratis sebanyak 25.285 tiket menjelang perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.
Rivki Maulana | 18 April 2018 17:49 WIB
Kapal pemandu milik PT Jasa Armada Indonesia menarik kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/10). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal laut ke lebih dari sepuluh rute. Sebanyak 25 BUMN berpartisiasi dalam pemberian tiket gratis sebanyak 25.285 tiket menjelang perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.

Corporate Secretary PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni, Ridwan Mandaliko mengatakan program mudik gratis tahun ini akan menyebar ke luar Jawa. Sebelumnya, program mudik gratis yang digelar BUMN hanya fokus berangkat dari Jakarta ke berbagai kota di Pulau Jawa.

"Sekarang lebih terasa Indonesia. Kita dapat memberangkatkan pemudik hampir ke seluruh pulau di Nusantara berkat sinergi BUMN," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (18/4/2018).

Ridwan menuturkan, masyarakat bisa mendaftar secara online di website BUMN. Selain itu, beberapa BUMN bekerjasama dengan Pelni dalam merekrut calon peserta. Dia menyebut, pembukaan pendaftaran dan cara mendaftar akan disampaikan dalam waktu dekat.

Dia mengungkapkan, mudik bareng menggunakan kapal laut akan lebih sensasional. Pasalnya, selama pelayaran, pemudik akan mendapat akomodasi berupa tempat tidur, makan sahur atau buka puasa. Peserta juga bisa menunaikan ibadah di atas kapal yang mampu menampung ratusan orang.

Sementara itu, rute pelayaran mudik gratis yang akan dibuka diantaranya, Batam-Belawan. Di rute ini, PT Pelindo I (Persero) memberikan 2.000 tiket gratis, disusul PT Inalum (Persero) dan PT Jasa Raharja (Persero) masing-masing 1.000 tiket dan 500 tiket.

Rute lain yang dibuka yakni Jakarta-Surabaya yang mana tersedia 1.800 tiket gratis dari enam BUMN. Pemudik di rute ini akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan menumpang KM Dorolonda. “Tiket tujuan Surabaya dapat menjadi alternatif bagi pemudik yang biasanya naik transportasi darat dan udara," ujar Ridwan.

Di Makassar, PT Pertamina (Persero) menyiapkan 3.878 tiket keberangkatan pada 12 Juni 2018. Pelni mengerahkan lima kapal untuk mengangkut pemudik dari Makassar. Adapun kota tujuan yang tersedia antara lain Bau Bau, Namlea, Ambon, Surabaya, Balikpapan, dan Pare Pare, dan Bima.

Di Kalimantan, mudik bareng BUMN berangkat dari Pontianak, Sampit, dan Kumai. Kapal akan berlayar dengan tujuan Semarang, dan Surabaya. Tiket gratis tersedia sebanyak 3.038 yang dibagikan oleh sepuluh BUMN.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top