Pelindo III Siap Investasi Rp115 Miliar di Pelabuhan Gresik

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengalokasikan investasi Rp115 miliar secara bertahap untuk mengembangkan Pelabuhan Gresik. Investasi dikucurkan sejalan dengan peningkatan arus barang di Pelabuhan Gresik.
Rivki Maulana | 16 April 2018 11:11 WIB
Terminal Manyar di Pelabuhan Gresik - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengalokasikan investasi Rp115 miliar secara bertahap untuk mengembangkan Pelabuhan Gresik. Investasi dikucurkan sejalan dengan peningkatan arus barang di Pelabuhan Gresik.

GM Pelindo III Gresik, Yanto mengatakan tahun ini, investasi yang dikucurkan untuk pengembangan pelabuhan mencapai Rp35 miliar. Dia menyebutkan kinerja arus barang di Pelabuhan Gresik melampaui ekspektasi.

Realisasi arus barang pada kuartal I/2018 mencapai 1,36 juta ton atau 105% dari target. Realisasi arus barang itu tumbuh 107% secara tahunan dibandingkan dengan kuartal I/2017.

Sejalan dengan peningkatan arus barang, pendapatan Pelindo III di Gresik mencapai target Rp41,8 miliar. "Peningkatan arus barang merupakan kontribusi dari peningkatan bongkar batu bara dan muat pupuk dalam kemasan bag," ujar Yanto dalam siaran pers Senin (16/4/2018).

Selain dari arus barang, pendapatan Pelindo III di gresik juga disumbang dari pendapatan properti dan pendapatan aneka usaha. Realisasi pendapatan dari masing-masing segmen mencapai 140% dan 138% dari target yang dipatok Pelindo III.

Yanto mengungkapkan pencapaian kinerja di kuartal I/2018 juga disumbang oleh penyelesaian piutang sewa lahan dengan beberapa perusahaan besar. BUMN kepelabuhan berkantor pusat di Surabaya itu juga melakukan penataan agar Pelabuhan Gresik semakin produktif. "Salah satunya dengan menata lapangan penumpukan di area dermaga Talud Tegak," ujarnya.

Tag : pelabuhan
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top