Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Siap Investasi Rp115 Miliar di Pelabuhan Gresik

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengalokasikan investasi Rp115 miliar secara bertahap untuk mengembangkan Pelabuhan Gresik. Investasi dikucurkan sejalan dengan peningkatan arus barang di Pelabuhan Gresik.
Terminal Manyar di Pelabuhan Gresik/istimewa
Terminal Manyar di Pelabuhan Gresik/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengalokasikan investasi Rp115 miliar secara bertahap untuk mengembangkan Pelabuhan Gresik. Investasi dikucurkan sejalan dengan peningkatan arus barang di Pelabuhan Gresik.

GM Pelindo III Gresik, Yanto mengatakan tahun ini, investasi yang dikucurkan untuk pengembangan pelabuhan mencapai Rp35 miliar. Dia menyebutkan kinerja arus barang di Pelabuhan Gresik melampaui ekspektasi.

Realisasi arus barang pada kuartal I/2018 mencapai 1,36 juta ton atau 105% dari target. Realisasi arus barang itu tumbuh 107% secara tahunan dibandingkan dengan kuartal I/2017.

Sejalan dengan peningkatan arus barang, pendapatan Pelindo III di Gresik mencapai target Rp41,8 miliar. "Peningkatan arus barang merupakan kontribusi dari peningkatan bongkar batu bara dan muat pupuk dalam kemasan bag," ujar Yanto dalam siaran pers Senin (16/4/2018).

Selain dari arus barang, pendapatan Pelindo III di gresik juga disumbang dari pendapatan properti dan pendapatan aneka usaha. Realisasi pendapatan dari masing-masing segmen mencapai 140% dan 138% dari target yang dipatok Pelindo III.

Yanto mengungkapkan pencapaian kinerja di kuartal I/2018 juga disumbang oleh penyelesaian piutang sewa lahan dengan beberapa perusahaan besar. BUMN kepelabuhan berkantor pusat di Surabaya itu juga melakukan penataan agar Pelabuhan Gresik semakin produktif. "Salah satunya dengan menata lapangan penumpukan di area dermaga Talud Tegak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper