Jelang Mudik Lebaran, Kemenhub Siapkan Ramp Check Angkutan Udar

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan melakukan pemeriksaan kelaikan semua pesawat dan personel yang akan melayani penerbangan lebaran tahun ini.
Rio Sandy Pradana | 15 April 2018 15:47 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA--Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan melakukan pemeriksaan kelaikan semua pesawat dan personel yang akan melayani penerbangan lebaran tahun ini.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan ramp check dilakukan terkait dengan tujuan keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Persiapan ramp check dilaksanakan tanggal 30 April -- 12 Mei 2018. Adapun, kegiatan ramp check periode Lebaran akan dilakukan tanggal 7-- 24 Juni 2018," kata Agus, Minggu (15/4/2018).

Kementerian Perhubungan memprediksi pertumbuhan jumlah penumpang angkutan udara saat musim Lebaran mencapai 10,8%.

Jumlah tersebut, meningkat dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya dengan total penumpang pesawat udara sebesar 5.299.513 penumpang. Perinciannya, sebanyak 4.578.204 penumpang domestik dan 721.309 penumpang internasional.

Ditjen Perhubungan Udara akan memberikan tambahan 5% kursi dari total penerbangan reguler domestik dan internasional selama musim Lebaran tahun ini. Adapun, penambahan kursi tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap calon penumpang pemudik lebaran.

Untuk penerbangan reguler domestik, kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 5.996.342 kursi, sedangkan penerbangan internasional kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 1.212.670 kursi.

Tag : penerbangan, lebaran
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top