Selama Lebaran Kemenhub Alokasikan 5% Tambahan Kursi Pesawat

Kementerian Perhubungan pun siap memberikan tambahan 5% kursi dari total penerbangan reguler domestik dan internasional selama musim Lebaran tahun ini.
Rio Sandy Pradana | 15 April 2018 15:27 WIB
Pesawat Sriwijaya Air menunggu persiapan penerbangan di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (11/12). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA--Musim lebaran identik dengan lonjakan jumlah penumpang pada sejumlah moda transportasi, salah satunya transportasi udara.

Kementerian Perhubungan pun siap memberikan tambahan 5% kursi dari total penerbangan reguler domestik dan internasional selama musim Lebaran tahun ini.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan penambahan kursi tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan terhadap calon penumpang yang hendak mudik lebaran.

"Penerbangan reguler domestik, kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 5.996.342 kursi, sedangkan penerbangan internasional kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 1.212.670 kursi," kata Agus, Minggu (15/4/2018).

Dia menambahkan kapasitas tempat duduk tersebut akan dilayani oleh 541 pesawat dari maskapai nasional dan internasional yang beroperasi di Indonesia. Pihaknya juga akan mempermudah pemberian izin extra flight untuk maskapai sehingga kapasitas kursi pada peak season ini akan terpenuhi.

Saat ini, pihaknya belum menerima permohonan penambahan kursi dari maskapai. Seluruh perusahaan maskapai diharapkan bisa segera mengajukan permohonan tersebut.

"Silakan maskapai mengajukan extra flight. Semakin cepat semakin baik,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan memprediksi pertumbuhan jumlah penumpang angkutan udara saat musim Lebaran mencapai 10,8%.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya dengan total penumpang pesawat udara sebesar 5.299.513 penumpang. Rinciannya, sebanyak 4.578.204 penumpang domestik dan 721.309 penumpang internasional.

Tag : penerbangan, lebaran
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top