Permintaan Tinggi, DCI Berambisi Bangun 8 Gedung Data Center

Pekan lalu, perusahaan yang merupakan mitra utama Equinix di Indonesia ini baru saja melakukan topping off gedung data center di kawasan industri MM2100, Cibitung, Bekasi.
Dhiany Nadya Utami | 21 Maret 2018 09:46 WIB
Para direksi PT DCI Indonesia di tengah bangunan gedung data center - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Makin meningkatnya pemakaian internet di Indonesia dan pesatnya jasa layanan e-commerce dan over the top (OTT) membuat kebutuhan akan pusat data di Indonesia turut meningkat.

Menyikapi hal tersebut, salah satu penyedia layanan data center lokal PT DCI Indonesia pun bergerak cepat. Pekan lalu, perusahaan yang merupakan mitra utama Equinix di Indonesia ini baru saja melakukan topping off gedung data center di kawasan industri MM2100, Cibitung, Bekasi.

Presiden Direktur PT DCI Indonesia Toto Sugiri menilai permintaan untuk cloud service akan terus bertambah dan mendorong industri komputasi awan untuk terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan penggunaan data dan internet.

"Pertumbuhan cloud membutuhkan data center dengan standar global," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (19/2/2018).

Permintaan pasar, diakui Toto, baru meningkat amat pesat sepanjang tahun lalu. Kondisi tersebut membuat DCI menyegerakan pembangunan gedung baru, bahkan berencana membangun hingga 8 gedung.

Ini juga diperkuat dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 tentang penyelenggaraan pemrosesan transaksi pembayaran juga mengharuskan penyelenggara jasa pembayaran dan perusahaan jasa penunjang, seperti penyedia layanan jasa center untuk mendapatkan izin dari bank sentral untuk beroperasi di negeri ini.

Selain menggenjot pembangunan pusat data di dalam negeri, Toto mengatakan perusahannya memiliki strategi untuk membentuk ekosistem yang bermanfaat untuk klien.

"Sebagai contoh sistem finansial pasti membutuhkan perusahaaan pembayaran seperti kartu kredit, kemudian sistem pembayaran seperti ini dibutuhkan oleh perusahaan cloud, e-commerce, dan OTT yang ada di dalam data center kami,”

Menurut Toto hal ini memberikan nilai tambah, terutama dari segi biaya jangka panjang yang lebih efisien.

“Sehingga kami merancang ekosistem ini secara sistematis dari awal,” tambahnya.

DCI tercatat telah melayani klien dari berbagai bank, asuransi, perusahaan telekomunikasi, e-commerce dan cloud, baik nasional maupun multinasional. Ke depannya DCI menargetkan untuk lebih banyak menggaet hyperscale cloud, e-commerce, dan OTT global.

Tag : data center
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top