Pemerintah Segera Bangun Pelabuhan di Gili Trawangan

Kementerian Perhubungan akan segera membangun Pelabuhan Gili Trawangan untuk menjaga konektivitas serta memfasilitasi wisatawan yang akan berkunjung.
Amanda Kusumawardhani | 18 Maret 2018 15:26 WIB
Sejumlah wisatawan asing berada di perahu yang membawa mereka ke lokasi penyelaman di perairan Pulau Gili Trawangan, NTB, Selasa (9/12/2014). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan akan segera membangun Pelabuhan Gili Trawangan untuk menjaga konektivitas serta memfasilitasi wisatawan yang akan berkunjung.

"Kami akan upayakan untuk membangun pelabuhan di Gili Trawangan paling tidak dengan panjang 100 meter dan trestle 100 meter. Kami harapkan Oktober 2018 pelabuhan ini sudah jadi," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Minggu (18/3/2018).

Selain untuk mendukung pariwisata di Lombok, pembangunan Pelabuhan Gili Trawangan juga akan menjadi penghubung antara Lombok dan Bali. Apalagi, akan ada pertemuan tahunan IMF-World Bank pada Oktober 2018 di Pulau Dewata. 

Menurutnya, wisatawan yang datang dapat mencapai 1.500 orang setiap harinya dan kapal-kapal yang datang dari Bali ke Gili Trawangan bisa mencapai 60 kapal.

"Gili Trawangan merupakan satu destinasi yang diunggulkan dan secara konsisten mendatangkan wisatawan, bahkan bisa mencapai 3.000 orang per hari. Nantinya, jika ada Pelabuhan Gili Trawangan, kapal-kapal bisa langsung ke sini dan bersandar di sini. Kalau sekarang kan sandarnya hanya di Dermaga Pemenang," terang Budi Karya.

Tidak hanya itu, adanya Pelabuhan Gili Trawangan akan semakin menarik minat wisatawan untuk datang tidak saja ke Gili Trawangan tapi juga Gili Air dan Gili Meno. Ketiga pulau itu berada di kawasan yang sama.

"Kami harapkan ini dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang karena saya lihat ada beberapa hotel yang bagus. Jadi, kalau pelabuhannya bagus, kapalnya bagus, pasti akan memberikan pelayanan yang baik," tambahnya.

Tag : pelabuhan
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top