Inovasi Bisnis, TRIS Luncurkan Mobis untuk Rangkul UMKM

PT Tri Rajawali Indo Sejahtera (TRIS) melakukan terobosan inovasi pengembangan bisnis dengan meluncurkan unit bisnis Mobis.com. Mobis.com menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dapat memberikan tiga macam benefit bagi para pelaku usaha tersebut.
Newswire | 18 Maret 2018 15:54 WIB
Ilustrasi Sebuah unit mobil bisnis - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tri Rajawali Indo Sejahtera (TRIS) melakukan terobosan inovasi pengembangan bisnis dengan meluncurkan unit bisnis Mobis.com.

Mobis.com menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dapat memberikan tiga macam benefit  bagi para pelaku usaha tersebut.

Mobis atau Motor Bisnis adalah berupa motor bisnis tiga roda serba guna yang  dapat digunakan untuk toko, resto kafe, dan iklan berjalan yang sangat efisien dan efektif

"Motor Bisnis yang dikemas merupakan terobosan solusi bisnis untuk UKM Zaman Now.  Mobis memiliki  tiga kelebihan utama untuk UMKM," ujar Komisaris Utama TRIS Indra Hendriyadi.

Pertama, efektif meningkatkan omset UMKM, karena dapat mobile berjualan ke beberapa lokasi, sehingga meningkatkan omset  ketimbang  hanya diam di satu lokasi. Kedua, Mobis ini amat efisien, biaya operasional sangat murah dan  dapat berjalan 26 km dengan 1 liter bensin.

"Kelebihan ketiga, Mobis sangat aman, dibandingkan dengan UMKM kaki lima yang mudah terkena penertiban atau kadang mengganggu lalu lintas. Mobis dapat berpindah tempat dan UKM dapat berdagang secara aman dan tertib," paparnya.

Mobis resmi diluncurkan pada Kamis, pekan lalu di kantor PT TRIS, Jakarta Selatan.

Mobis ini menggunakan kendaraan TVS roda tiga. Satu unitnya dijual Rp75 juta hingga Rp100 juta bergantung pada konsep bisnis yang diajukan pelaku usaha. Desain Mobis disesuaikan bagi pelaku usaha.

PT TRIS juga meneken MoU dengan kalangan UMKM yang tergabung dalam  Hipmikindo. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang berhalangan hadir  diwakili utusannya.

Teja Hartono yang juga Komisaris  PT TRIS menambahkan, bisnis yang digeluti pihaknya bukan sekadar penjualan motor. Lebih dari itu, para pelaku UMKM juga akan dibimbing bahkan dibantu dalam hal permodalan. Dia menjelaskan, hal itu merupakan sebuah terobosan baru dari perusahaan.

"Ini skema bisnis yang berbeda. Ini bukan hanya bisnis oriented tapi lebih ke sosial bisnis. Kita tidak berdiri sendiri tapi harus bersanding bersama  UMKM untuk membangun bangsa,"ujarnya.

Dia menargetkan bahwa dalam 1 tahun ini sekitar 100.000 pelaku UMKM bergabung menjalankan bisnis jualan keliling menggunakan Mobis.  

"Syarat mendaftar cukup KTP sama NPWP. Nanti akan kami lakukan wawancara. Jika lolos, kami akan ajukan ke pihak bank untuk sisi permodalan termasuk kredit mobil bisnis ini," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, di Jakarta akan merangkul para pedagang kaki lima (PKL) atau masyarakat yang ingin memulai berbisnis.


Tag : umkm
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top