Impor LPG, Pemerintah Lobi Aljazair

Pemerintah berupaya melobi pemerintah Aljazair agar PT Pertamina (Persero) dapat membeli Liquefied Petroleum Gas (LPG) dengan harga murah.
Denis Riantiza Meilanova | 14 Maret 2018 01:52 WIB
Ilustrasi - sep.co.id

Bisnis.com,JAKARTA - Pemerintah berupaya melobi pemerintah Aljazair agar PT Pertamina (Persero) dapat membeli Liquefied Petroleum Gas (LPG) dengan harga murah.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Energi Arcandra Tahar mengatakan pemerintah tengah menjajaki agar kesepakatan pembelian gas antara Pertamina dan Sonatrach, perusahaan minyak dan gas nasional Aljazair, dapat dilakukan langsung secara bussiness-to-bussiness (b2b).

" Ada peluang yang bisa dikerjakan Pertamina di sana dan ada kemungkinan LPG Pertamina diimpor dari Algeria [Aljazair]," ujar Arcandra di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Diharapkan dengan tidak adanya pihak ketiga, Pertamina dapat memperoleh LPG dengan harga spesial. Dalam kunjunagan kerjanya ke Aljazair pekan lalu, Archandra sempat menanyakan terkait harga gas di Aljazair yang dikabarkan dijual dengan harga US$1 per MMBTU. Sayangnya, harga tersebut hanya ditujukan untuk konsumsi masyarakat dalam negeri. Sedangkan harga gas untuk ekspor masih mengikuti harga pasar.

"US $1 itu tidak berlaku untuk eskpor. Mereka punya pipa untuk alirkan gas dari Aljazair ke Eropa. Itu harganya 10% dari crude oil artunya US $6."

Tag : lpg
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top