Dell Lakukan Proyek Pilot Daur Ulang Sampah Teknologi di Indonesia

Dell Indonesia mengumumkan proyek uji coba pertama di industri teknologi untuk menggunakan emas hasil daur ulang sampah teknoldi ke dalam motherboard komputer terbarunya.
Wike Dita Herlinda | 14 Maret 2018 17:37 WIB
Dell Latitude 5285 2-in-1 - Dell

Bisnis.com, JAKARTA — Dell Indonesia mengumumkan proyek uji coba pertama di industri teknologi untuk menggunakan emas hasil daur ulang sampah teknoldi ke dalam motherboard komputer terbarunya.

Proyek uji coba tersebut akan dimulai dengan Dell Latitude 5285 2-in-1, laptop yang memenangkan banyak penghargaan, mulai musim semi tahun ini. Proyek ini dilakukan menyusul hasil studi kelayakan proyek daur ulang motherboard server.

Proses daur ulang emas ini dapat mendukung pembuatan motherboard baru di tahun depan. Inisiatif ini merupakan lanjutan program daur ulang yang dilakukan Dell, mulai dari daur ulang plastik hingga logam mulia

“Inovasi material – seperti di mana dan bagaimana kami mencari sumber bahan baku seperti plastik, serat karbon, dan emas – sangatlah penting bagi kami,” ujar Managing Director Dell EMC Indonesia Catherine Lian pada Rabu (14/3/2018).

“Ketika Anda memikirkan fakta bahwa satu ton motherboard memiliki emas 80x lebih banyak dari satu ton bijih emas yang digali dari bumi, Anda mulai menyadari betapa besar peluang yang kita miliki untuk menggunakan bahan baku logam mulai. Kita dituntut untuk bisa berpikir kreatif dan mendorong batas-batas inovasi untuk mengatasi berbagai tantangan lingkungan hidup yang paling mendesak.”

Selama lebih dari satu decade, Dell telah menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan untuk produk dan kemasannya.

Sejak 2012, Dell telah mendaur ulang lebih dari 50 juta pon atau sekitar 23.000 ton materi daur ulang ke produk-produk barunya. Sebagai bagian dari program Legacy of Good, Dell telah berkomitmen untuk menggunakan 46.000 ton materi hasil daur ulang ke dalam portofolio produknya pada 2020.

Tag : dell
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top