Shriya Artha Nusantara Ekspor Biji Kopi ke Timur Tengah

PT Shriya Artha Nusantara menandatangani kerja sama dengan investor asal Iran untuk ekspor sebanyak 180 ton biji kopi (green bean).
Mia Chitra Dinisari | 13 Maret 2018 17:41 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Shriya Artha Nusantara menandatangani kerja sama dengan investor asal Iran untuk ekspor sebanyak 180 ton biji kopi (green bean).

Rencananya, kopi tersebut akan dipasarkan ke sejumlah negara di Timur Tengah seperti Iran dan Turki.

Kerja sama dengan investor asal Iran tersebut menambah negara tujuan ekspor perusahaan ke luar negeri.

CEO Shriya Artha Nusantara Emma Ratih mengatakan sebelumnya, perusahaan distributor biji kopi tersebut telah melakukan ekspor ke wilayah Malaysia, Singapura dan Belanda.

"Kerja sama dengan investor Iran ini berlangsung selama lima tahun hingga 2023 mendatang," kata Emma dalam keterangan persnya Jakarta, Selasa (13/1/2018).

Adapun pengiriman akan dilakukan dengan 10 kontainer yang masing-masing kontainer berisi 18 ton biji kopi, sehingga total pemesanan mencapai 180 ton biji kopi. 

"Selain ke Turki dan Iran, pada tahun ini kami juga menjajaki ekspor ke sejumlah negara baru di Timur Tengah seperti Qatar dan Kuwait," jelasnya.

Menurut Emma, wilayah Timur Tengah masih cukup berpotensi untuk memasarkan biji kopi. Pasalnya, masyarakat di negara tersebut merubah kebiasaannya dari yang biasanya penikmat teh, saat ini lebih banyak menikmati kopi.

"Fokus kita memang di Timur Tengah, pasarnya lebih bagus dan banyak permintaan disana, kami adalah distributo pertama yang mengekspor biji kopi ke Iran," ujar dia.

Shriya Artha Nusantara sendiri tercatat memproduksi biji kopi sebanyak 500 ton pertahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 80% di pasarkan ke wilayah domestik, sedangkan sisanya 20% di distribusikan melalui ekspor ke sejumlah negara.

"Dua tahun kemarin produksinya memang menurun karena faktor cuaca, tapi tahun ini kami harapkan produksinya tumbuh 15-20%," harap dia.

 

Tag : kopi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top