Pengembang Gencar Bangun Apartemen Mahasiswa

Pengembang mulai menyasar kawasan Depok dan Serpong karena tingkat permintaan apartemen untuk mahasiswa semakin tinggi.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 13 Maret 2018 20:35 WIB
an Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas DipGroundbreaking pembangunan apartemen mahasiswa, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (17/10). - ANTARA/R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengembang mulai menyasar kawasan Depok dan Serpong karena tingkat permintaan apartemen untuk mahasiswa semakin tinggi.
Managing Partner Strategic Coldwell Banker Commercial Advisory Group Tommy H Bastamy mengatakan saat ini permintaan apartemen masih didominasi oleh pembeli dengan tujuan investasi. Bagi investor, apartemen di area mahasiswa akan memberikan potensi return dari penyewaan unit yang mereka beli, di samping capital gain dari kenaikan harga unitnya itu sendiri.
"Hal lainnya yang menarik adalah, jumlah mahasiswa baru yang diterima di universitas setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, sehingga selalu ada pasar baru baik untuk sewa maupun calon pembeli unit apartemen," kata Tommy kepada Bisnis, Selasa (13/3/2018),
Menurut  Tommy, agar bisa melaksanakan kinerja yang baik, apartemen yang dikembangkan di area mahasiswa harus dapat mengakomodasi kebutuhan mahasiswa yang tinggal disana. Selain fasilitas standar, fasilitas-fasilitas lainnya terkait aspek teknologi dan digital menjadi daya tarik tersendiri.
"Aspek pengelolaan apartemen menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sehingga keamanan dan kenyamanan tinggal bagi para mahasiswa dapat terpelihara dengan baik," terang Tommy.
Bisnis mencatat ramainya apartemen mahasiswa di Depok dan Serpong. Misalnya di BSD pengembang menyasar mahasiswa dari Universitas Prasetiya Mulya dan Universitas Atma Jaya. Di Summarecon Serpong, apartemen menyasar mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara. Sementara di Alam Sutera, apartemen menyasar mahasiswa dari Bina Nusantara University.
Direktur Marketing Trans Par Ronald Cassidy mengatakan, perusahaan juga akan mengembangkan hunian baru di area milik Sinarmas tersebut. Alasan perusahaan membuka proyek hunian vertikal di BSD karena permintaan sangat tinggi dan pasar yang sudah terbentuk dengan baik.
Sementara itu di Depok, PT Adhi Persada Properti, anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk. ikut mengembangkan apartemen untuk mahasiswa. Perusahaan lantas menyiapkan fasilitas baru dalam konsep bangunan apartemen untuk mahasiswa yakni student center pada setiap tower.
Direktur Pemasaran PT Adhi Persada Properti Wahyuni Sutantri mengakui bahwa proyek apartemen untuk mahasiswa memang menjadi salah satu prioritas perusahaan. Buktinya, Adhi Persada Properti berencana membangun beberapa apartemen mahasiswa selain di Depok dan Yogyakarta.
Adhi Persada juga memiliki apartemen mahasiswa di Malang yang berdekatan dengan Universitas Brawijaya, apartemen mahasiswa di Surabaya yang berdekatan dengan Institut Teknologi Sepuluh November.

Tag : apartemen
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top