Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Pesan Tiket Kereta Api Jelang Mudik Lebaran 2018

Lebaran merupakan waktu yang dinantikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai waktu yang tepat untuk berlibur dan berkumpul bersama keluarga.
Ilustrasi : Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Ilustrasi : Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Lebaran merupakan waktu yang dinantikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai waktu yang tepat untuk berlibur dan berkumpul bersama keluarga. 

Dalam momen Lebaran ini, perjalanan mudik pun memanfaatkan berbagai sarana transportasi baik pribadi maupun umum. Kereta api menjadi salah satu alternatif transportasi umum yang paling diminati oleh masyarakat untuk mudik.

Pegipegi sebagai Online Travel Agent (OTA) yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta pun memberikan tips dan trik memesan tiket kereta api untuk Lebaran.

Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), pemesanan tiket mudik Lebaran sudah bisa dipesan mulai 7 Maret 2018 untuk keberangkatan H-10 (05 Juni 2018).

Menilik pada data pemesanan tiket kereta api di Pegipegi tahun 2017, pemesanan tiket kereta api Lebaran paling favorit adalah pada H-3 dan H-1.

Pada periode Lebaran tahun lalu, terlihat adanya kenaikan transaksi pemesanan tiket kereta api di Pegipegi sebanyak 250% dibandingkan periode hari biasanya. Sedangkan kota yang paling banyak dituju pada periode Lebaran tahun lalu adalah Yogyakarta, Kutoarjo (Purworejo), dan Semarang.

Harga tiket kereta api pada periode Lebaran ke kota-kota tersebut dimulai dari Rp 80.000 hingga Rp 485.000.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik menggunakan kereta api, Pegipegi pun memberikan tips dan trik yaitu; tentukan tanggal keberangkatan atau kepulangan mudik, lalu cek kapan penjualan tiket tersebut akan dibuka.

Siapkan koneksi internet yang mumpuni untuk membeli tiket tengah malam, karena jadwal kereta diupdate pada pukul 00:01. Pastikan juga membeli tiket kereta di OTA karena tahun ini PT. KAI tidak membuka vending machine tengah malam.

Selain itu, siapkan metode pembayaran yang kategorinya pembayaran cepat seperti kartu kredit atau internet banking.
Ryan Kartawidjaja, selaku Deputy CEO Pegipegi mengatakan, “Untuk semakin memudahkan masyarakat melakukan pemesanan tiket kereta api Lebaran, Pegipegi menyediakan fitur "Daftar Penumpang".

Fitur ini dapat digunakan pada halaman profil di aplikasi Pegipegi. Customer harus mengisi identitas penumpang terlebih dahulu, maka sewaktu-waktu melakukan pemesanan tiket, masyarakat hanya perlu memilih ‘Data Penumpang’ yang sudah tersimpan, dan identitas sudah otomatis terisi.

"Kami memprediksikan berdasarkan data booking kereta Lebaran tahun lalu, periode mudik terfavorit tahun ini akan jatuh pada keberangkatan H-3 hingga H-1 (13-14 Juni 2018) yang bertepatan dengan jadwal cuti bersama dan H-7 Lebaran (8 Juni 2018) yang merupakan minggu terakhir sebelum cuti bersama” ujar Ryan dalam siaran persnya.

Dia mengatakan kereta api merupakan salah satu sarana transportasi mudik yang paling diminati, biasanya akan banyak yang berebut untuk mendapatkan tiketnya. Jika kehabisan tiket kereta api pada menit saat tiket dibuka, kami menyarankan untuk cek tiket kembali di 1 jam berikutnya (01.00-02:00) dan pantau terus daftar search tiket kereta api di Pegipegi.

Karena bila ada yang cancel atau telat melakukan pembayaran, kursi otomatis akan muncul atau tersedia kembali. Namun, jika tidak kebagian tiket reguler, maka bisa memesan tiket kereta api kelas Priority dengan kisaran harga mulai dari Rp 700.000 hingga Rp Rp 900.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper