Indonesia Diklaim Siap Hadapi Ekonomi Digital

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menyebutkan sebanyak 440 dari total 540 kabupaten/kota sudah terhubung dengan jaringan pita lebar dan sisanya akan menyusul pada akhir tahun ini.
M. Richard | 22 Februari 2018 06:34 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memberikan materi saat menjadi pembicara Seminar Ekonomi dengan tema Quo Vadis Ekonomi Digital Indonesia, di Jakarta, Rabu (21/2/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah mengklaim sebagian besar wilayah Indonesia sudah siap menghadapi perkembangan ekonomi digital.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menyebutkan sebanyak 440 dari total 540 kabupaten/kota sudah terhubung dengan jaringan pita lebar dan sisanya akan menyusul pada akhir tahun ini.

"Artinya, mereka siap untuk menghadapi perkembangan dunia digital," katanya usai acara Seminar Ekonomi Nasional di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Sebanyak 50 kabupaten/kota lainnya sedang diusahakan konektivitasnya seiring penyelesaian Palapa Ring, yang dijadwalkan rampung pada akhir 2018. Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau seluruh Indonesia dengan kabel laut dan kabel daratan.

Bambang melanjutkan konektivitas kabupaten/kota yang belum termasuk dalam cakupan proyek Palapa Ring akan dibangun oleh operator swasta.

"Praktis hampir seluruh kabupaten/kota akan terjangkau dan itu yang menjadi modal awal kita untuk memanfaatkan ekonomi digital," jelasnya.

Tag : ekonomi digital
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top