Kuasai Internet, Milenial Jadi Target Pasar Utama

Berdasarkan survei yang dikeluarkan Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia (APJII) ini mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah kelompok usia 19-34 tahun (49,52%).
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 21 Februari 2018  |  11:44 WIB
Kuasai Internet, Milenial Jadi Target Pasar Utama
Ilustrasi anak kecil dengan smartphone - flickr

Bisnis.com, JAKARTA—Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017 mengungkapkan komposisi pengguna internet di Indonesia didominasi oleh milenial.

Berdasarkan survei yang dikeluarkan Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia (APJII) ini mayoritas pengguna internet di Indonesia adalah kelompok usia 19-34 tahun (49,52%).

Hasil tersebut berbeda dengan survei tahun sebelumnya yang lebih dikuasai oleh kelompok usia 35-44 tahun yang mencapai 29,2% sementara usia 25-34 tahun hanya 24,4% dan 10-24 tahun sebanyak 18,04%.

Selain itu, survei yang sama juga menyebutkan layanan chatting dan sosial media merupakan yang paling banyak diakses oleh pengguna internet Indonesia, masing-masing sebanyak 89,35% dan 87,13%.

Sekarang ini milenial menjadi salah satu sasaran utama pelaku di industri internet, termasuk aplikasi pesan instan dan vendor ponsel pintar.

Mark Trundle, Country Manager Indonesia dan ANZ HMD Global, mengatakan keberadaan milenial jadi patokan yang amat penting untuk strategi bisnisnya ke depan.

“Tentu kami juga sadar akan peranan milenial, maka dari itu kesadaran tersebut kami tuangkan dalam produk kami yang didesain berdasarkan karakter mereka,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Nokia membawa fitur baru yang disebut akan jadi favorit milenial seperti fitur “Bothie” yang memungkinkan penggunaan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan.

Sebelumnya, aplikasi pengiriman pesan asal Jepang, LINE, juga melakukan berbagai pendekatan berbeda bagi kelompok pengguna usia muda.

LINE bukan hanya mengembangkan berbagai fitur untuk pengiriman pesan, tapi menyediakan pula fitur LINE Shopping yang merupakan agregasi platform dagang-el dan fitur LINE Today yang terhubung dengan kanal berita.

Business Development Director Line Indonesia Revie Sylviana menyatakan dari 90 juta pengguna LINE di Indonesia, 80% di antaranya berusia 30 tahun.

 “Pengguna utama LINE betul-betul didominasi milenial. Ada banyak messaging app lain yang lain masuk Indonesia, tapi tidak ada yang seperti kami yang begitu melekat dengan milenial,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
internet

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top