Pelni Logistics Tambah Fitur Aplikasi

PT Sarana Bandar Nasional atau Pelni Logistics berencana menambah fitur layanan baru pada aplikasi pemesanan kargo di Juni 2018. Fitur ini akan melengkapi fitur pemesanan kargo yang sudah dirilis awal Januari 2018 lalu.
Pelni Logistics Tambah Fitur Aplikasi Rivki Maulana | 20 Februari 2018 15:50 WIB
Pelni Logistics Tambah Fitur Aplikasi
Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing (tengah) berbincang dengan Direktur Jasa Kurir PT Pos Indonesia, Agus F. Handoyo (kanan) dan Plt Direktur Utama PT SIER Fattah Hidayat saat meninjau ruang nahkoda kapal KM Kelud milik Pelni, seusai penandatangan kerja sama di Jakarta, Jumat (29/9). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA—PT Sarana Bandar Nasional atau Pelni Logistics berencana menambah fitur layanan baru pada aplikasi pemesanan kargo di Juni 2018. Fitur ini akan melengkapi fitur pemesanan kargo yang sudah dirilis awal Januari 2018 lalu.

Direktur Utama Pelni Logistics, Suharyanto mengatakan dalam fitur baru yang akan dirilis, pengguna jasa bisa memesan kargo curah dan kargo umum lewat aplikasi di ponsel pintar. Sebelumnya, aplikasi bernama Pelni Logistics baru terbatas pada pemesanan kontainer dan kendaraan. "Untuk general cargo kami targetkan [berjalan] di Pelabuhan Tanjung Priok 1 Juni 2018," jelas Suharyanto kepada Bisnis Selasa (20/2/2018).

Dia menambahkan, di akhir Februari 2018 mendatang, pengguna jasa bisa memesan kargo kontainer di 26 kapal dengan 96 pelabuhan tujuan. Saat ini, layanan pemesanan kargo bisa dilayani oleh 3 kapal dengan 12 pelabuhan tujuan. Jenis kargo yang dipesan terdiri dari kontainer kering (dry container) ukuran 20 kaki, kontainer berpendingin (reefer container), dan kendaraan roda empat serta roda dua.

Suharyanto menjelaskan, penggunaan aplikasi merupakan bagian dari upaya perseroan dalam melakukan digitalisasi layanan. Penggunaan teknologi digital dalam jasa kepelabuhan saat ini dinilai penting guna memangkas proses layanan sehingga berimbas pada efisieni waktu dan biaya.

Dia menggambarkan, klien Pelni Logistics di Palu, Sulawesi Tengah bisa memesan kargo dari Jakarta untuk tujuan Jayapura. Di samping ringkas dan cepat, tarif jasa yang ditawarkan pun transparan karena tertera langsung dalam aplikasi. "Sebelum ada aplikasi ini, tarif bisa berbeda, sekarang sudah tidak bisa lagi begitu," tukasnya.

Suharyanto optimistis volume angkutan perseroan bisa meningkat berkat kehadiran aplikasi pemesanan kargo. Di samping itu, tingkat okupansi muatan kapal yang masih berada di level 70% juga menjadi peluang guna menggenjot muatan, terutama di segmen noncaptive market atau segmen di luar relasi induk usaha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelni, Pelni Logistics

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top