PTBA Percepat Pemenuhan Syarat Financial Close PLTU Sumsel 8

PT Bukit Asam (Persero) Tbk, selaku operator Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumatra Selatan (Sumsel) 8 berkapasitas 2x620 megawatt (MW), tengah mempercepat proses pemenuhan syarat financial close proyek tersebut.
Denis Riantiza Meilanova | 15 Februari 2018 07:41 WIB
Kapal nelayan melintas di depan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih, di Padang, Sumatra Barat, Minggu (23/7). - ANTARA /Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bukit Asam (Persero) Tbk, selaku operator Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumatra Selatan (Sumsel) 8 berkapasitas 2x620 megawatt (MW), tengah mempercepat proses pemenuhan syarat financial close proyek tersebut.

Pembangkit listrik itu dijadwalkan masuk tahap kontruksi pada Juni 2018. Suherman, Sekretaris Perusahaan Bukit Asam, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyelesaikan sejumlah persyaratan financial close (penuntasan pendanaan).

"Saat ini, EPC Contract Coal Supply Agreement dan kontrak Operation and Maintenance (O&M) dalam tahap finalisasi," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (14/2/2018).

Sembari menunggu pemenuhan persyaratan financial close, lanjut Suherman, pihaknya telah menyelesaikan pembebasan lahan untuk pembangkit. Adapun pembebasan lahan untuk transmisi masih dalam proses.

"Selain itu, secara paralel kami melakukan pembersihan lahan untuk lahan yang sudah dibebaskan dan melakukan soil investigation," terangnya.

Sementara itu, proses penuntasan pendanaan ditargetkan rampung pada 17 Juni 2018. Perseroan mendapatkan pendanaan dari The Export-Import Bank of China (Cexim) senilai US$1,7 miliar atau sekitar Rp23,1 triliun.

Dengan demikian, jadwal PLTU Sumsel 8 untuk beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) dipastikan tidak akan mundur dari waktu yang telah ditentukan. Proses COD untuk unit 1 akan diselesaikan pada Desember 2021, sedangkan untuk unit 2 akan dilakukan pada Maret 2022.

Tag : pembangkit listrik
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top