Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Imlek, KAI Operasikan 8 Kereta Tambahan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta menjalankan delapan kereta tambahan pada libur Imlek.
Calon penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat./Reuters-Agoes Rudianto
Calon penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat./Reuters-Agoes Rudianto

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta menjalankan delapan kereta tambahan pada libur Imlek.

Humas PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan adanya delapan kereta tambahan itu merupakan antisipasi meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi kereta api (KA) menjelang libur panjang Imlek 2018 yang jatuh pada Jumat (16/2/2018).

Edy menuturkan nantinya PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 53 KA reguler, yang terdiri 28 KA Reguler pemberangkatan Stasiun Gambir dan 25 KA Reguler pemberangkatan Stasiun Pasar Senen, serta delapan KA tambahan yang berangkat dari Stasiun Gambir.

“KA-KA tambahan tersebut terdiri dari empat KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Argo Dwipangga fakultatif, dan KA Argo Lawu fakultatif tujuan Solo, KA Argo Jati tambahan, dan KA Cirebon Ekspres fakultatif tujuan Cirebon,” tuturnya pada Rabu (14/2/2018).

Dalam hal ini, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk 30.948 untuk KA reguler yang dibagi menjadi 18.452 tempat duduk untuk KA reguler pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan 12.496 tempat duduk untuk KA reguler pemberangkatan dari Stasiun Gambir.

PT KAI Daop 1 Jakarta juga menyiapkan tempat duduk untuk KA Tambahan sebanyak 3.440 tempat duduk.

Sementara itu, untuk pemberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen pada hari Minggu-Jumat yakni pada 11-17 Februari seperti KA Matarmaja tujuan Malang, KA Gaya Baru Malam Selatan tujuan Surabaya Gubeng, KA Brantas tujuan Blitar, KA Bengawan tujuan Purwosari okupansinya telah mencapai 100%.

“Untuk pemberangkatan hari Selasa-Jumat yaitu pada 13-16 Februari seperti KA Majapahit, KA Jayabaya tujuan Malang, KA Kertajaya tujuan Surabaya Pasar Turi okupansinya juga telah 100%.”

Begitu pula untuk pemberangkatan Rabu-Jumat yakni pada 14-16 Februari, KA Progo tujuan Lempuyangan juga telah mencapai volume 100% dan pemberangkatan hari Kamis-Jumat (15-16 Februari) seluruh perjalanan KA pemberangkatan Stasiun Pasar Senen telah mencapai okupansi 100%.

“Sedangkan KA Tawang jaya tujuan Semarang Poncol, KA Kutojaya tujuan Kutoarjo, dan KA Gumarang tujuan Surabaya Pasar Turi pada hari Jumat (16/2/2018) yang sampai saat ini masih tersedia, itu pun hanya tersisa sekitar 20%,” ujarnya.

KA keberangkatan dari Stasiun Gambir perjalanan pada Kamis (15/2/2018) telah mencapai volume 100%, hanya KA Argo Parahyangan tujuan Bandung dan KA Argo Jati pemberangkatan pagi hari yang masih tersedia.

Sedangkan untuk hari Jumat (16/2) untuk KA Argo Muria, KA Argo Sindoro tujuan Semarang, KA Argo Dwipangga, KA Argo Lawu tujuan Solo, Argo Anggrek Pagi tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Taksaka Pagi tujuan Yogyakarta, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung pemberangkatan pagi juga telah mencapai volume 100%.

Adapun, dari data yang didapat, total volume penumpang pemberangkatan dari Jakarta dari 14-18 Februari mencapai 124.449 penumpang dengan rincian 71.488 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 52.961 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir.

Jumlah ini meningkat 13.5% jika dibandingkan dengan total volume penumpang pada libur Imlek 2017 dengan periode yang sama sebanyak 109.578 penumpang.

Sedangkan volume tertinggi pemberangkatan terjadi pada Kamis (15/2/2018) sejumlah 18.314 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, atau menurun 1,2% dibandingkan dengan 2017 sebanyak 18.535 penumpang.

Keberangkatan dari Stasiun Gambir pada tahun ini mencapai 15.460 penumpang atau naik 13% dibandingkan dengan 2017 sebanyak 13.679 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper