Pelit Investasi Cloud, Jangan Mimpi Big Data dan IoT

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 14 Februari 2018 | 17:06 WIB
Huawei/Reuters-Hannibal Hanschke
Huawei/Reuters-Hannibal Hanschke
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Adopsi komputasi awan atau cloud di Indonesia masih tergolong rendah sehingga belum bisa mendorong transformasi digital.

Executive Product Manager Huawei Indonesia Arri Marsenaldi mengatakan untuk bisa memanfaatkan teknologi baru seperti big data atau internet of things (IoT), perlu peningkatan adopsi cloud yang mumpuni.

Dari hasil studi terbaru bertajuk Huawei Global Connectivity Index 2017, setidaknya memerlukan porsi belanja digital untuk cloud sebesar 3% secara nasional untuk bisa mengoptimasi penerapan teknologi baru.

Namun, Arri belum bisa menggambarkan berapa besar porsi belanja digital untuk cloud di Indonesia saat ini. Dia hanya memperkirakan tingkat adopsi cloud di Indonesia saat ini baru ada di level 1 dari 10 level.

"Dari hasil penelitian untuk memanfaatkan big data atau IoT ini expected 3% investment untuk cloud," ujarnya saat memberikan paparan di Kantor Huawei Indonesia, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Di sisi lain, IoT dan big data membutuhkan peranti untuk bisa mengolah data yang telah terkumpul. Pengolahan data tersebut, ujar Arri, hanya dimungkinkan ketika migrasi ke cloud telah dilakukan.

Berdasarkan hasil riset, Indonesia yang masih dalam tahap awal ini perlu menyelesaikan masalah broadband dan data center terlebih dahulu.

Dari tahapannya, dia menyebut, jika infrastruktur terkait broadband dan data center telah selesai, pemerintah atau swasta yang melakukan transformasi bisa beralih ke migrasi cloud untuk menyiapkan adopsi big data dan IoT.

Menurutnya, kendala utama peningkatan adopsi cloud karena belum ratanya pembangunan infrastruktur yang menaikkan konektivitas.

Sebagai contoh, cakupan jaringan 4G masih terbatas di Indonesia. Dengan demikian, para pelaku usaha yang ingin mengadopsi cloud menjadi enggan karena diperlukan konektivitas yang mumpuni untuk bisa menunjang aktivitas ketika cloud digunakan.

"Terlalu jauh untuk IoT dan big data karena keduanya membutuhkan cloud. Tanpa investment di cloud, strateginya kurang tepat tapi investasinya banyak."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper