Pierre Omidyar, dari Komputer Hingga Jadi Raja Lelang eBay

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Pierre Omidyar untuk menjadi miliarder saat dia membuat platform lelang online. Awalnya dia hanya ingin membuat situs lelang yang menghubungkan penjual dan pembeli.
Aprianto Cahyo Nugroho | 14 Februari 2018 10:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Pierre Omidyar untuk menjadi miliarder saat dia membuat platform lelang online. Awalnya dia hanya ingin membuat situs lelang yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Tapi saat ini, situs lelang tersebut menjelma jadi salah satu e-commerce terbesar di dunia, dan Omidyar telah menjadi kepala salah satu bisnis berbasis online yang paling populer dan menguntungkan dalam sejarah internet.

Ketertarikan pada komputer sejak remaja

Omidyar lahir di Paris pada 21 Juni 1967, namun pindah ke Baltimore ketika ayahnya mulai bekerja di Johns Hopkins University Medical Center. Omidyar tumbuh sebagai remaja yang dewasa sebelum waktunya, ia menjadi tertarik pada komputer dan kerap menyelinap keluar dari kelas olahraga untuk bermain dengan komputer saat SMA.

Alih-alih menghukum Omidyar karena membolos, kepala sekolah mempekerjakannya untuk menulis program komputer pencetak kartu katalog untuk perpustakaan sekolah dengan upah US$6 per jam. Memang jumlah tersebut tidak banyak, namun itu adalah awal dari segalanya.

Jiwa bisnisnya lebih terasah beberapa tahun kemudian. Saat menempuh gelar sarjana di bidang ilmu komputer di Tufts University, dia membuat sebuah program untuk membantu programmer Apple Macintosh mengelola memori. Dia menjualnya secara online sebagai "shareware," yang meminta pengguna membayar untuk sistem tersebut, namun sejumlah hasil penjualannya hanya cukup untuk menutupi biaya kotak pos yang dia sewa untuk mengumpulkannya.

Pada tahun 1991, Pierre dan tiga temannya mendirikan sebuah perusahaan untuk menulis program untuk pasar pen computing. Dia kemudian mendirikan sebuah situs e-commerce yang disebut eShop di situs perusahaan. Pen computing ternyata menjadi salah satu lompatan teknologi yang paling menonjol, namun situs eShop terbukti cukup menggiurkan untuk menarik perhatian Microsoft, yang kemudian membeli perusahaan tersebut.

Awal dari eBay

Setelah jenuh dengan perusahaan rintisan, Omidyar bekerja sebagai insinyur hubungan pengembang untuk produsen perangkat lunak General Magic pada tahun 1994 serta bekerja sampingan sebagai web designer lepas.

Di waktu senggangnya, dia mendapat ide untuk mempertemukan penjual dan pembeli dalam sebuat marketplace internasional. Ia kemudian merancang dan meluncurkan situs bernama AuctionWeb pada 3 September 1995.

Di tahun berikutnya, situs ini menjadi sangat populer sehingga bisa mengalahkan akun Internet pribadi Omidyar. Dengan bantuan temannya dan rekan programmer komputer Jeff Skoll (yang kemudian menjadi presiden direktur eBay), Omidyar mengembangkan AuctionWeb menjadi jauh lebih baik. Untuk menutupi kenaikan biaya, Omidyar mulai menerapkan tarif kecil untuk setiap barang yang dipasarkan serta menarik komisi jika barang sudah terjual.

Pada 1997, Omidyar mengubah AuctionWeb dan nama perusahaannya menjadi eBay. Dia mulai mengeluarkan banyak uang untuk iklan, dan membuat logo untuk eBay.

Jumlah pengunjung di eBay terus meningkat dan memberikan keuntungan. Omidyar mulai berpikir untuk mencari cara menggunakan keahliannya pada pemrograman komputer untuk menghasilkan uang.

Tanpa sadar, Omidyar telah memanfaatkan salah satu urat nadi terkaya di dunia online, yaitu keinginan orang untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat sama. Dia dengan cepat menyadari bahwa sedikit minat menghasilkan lebih banyak gairah daripada mengoleksi.

"Saya pikir orang hanya akan menggunakan layanan ini untuk membeli dan menjual barang, tapi yang benar-benar mereka nikmati adalah bertemu orang,” ungkapnya, seperti dikutip entrerpreneur.com

Didorong oleh kesuksesan awal ini, Omidyar berhenti dari pekerjaannya. Dia dan Skoll mencurahkan waktu mereka untuk membangun komunitas dan teknologi di eBay. Duo tersebut berpikir bahwa selama sistem bekerja, komunitas (dan keuntungannya) akan terus bertambah.

Kesuksesan lelang eBay

Pada pertengahan 1997, eBay telah menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi, dengan lebih dari 150.000 pengguna yang menawar 794.000 lelang setiap hari. Pengunjung eBay rata-rata menghabiskan hampir 3,5 jam per bulan di situs tersebut, lebih lama dari rata-rata pengunjung di situs lain.

Dengan meningkatnya nilai perusahaan hingga dua kali lipat setiap tiga bulan, Omidyar dan Skoll memutuskan bahwa mereka memerlukan dukungan modal dan tim manajemen yang lebih memadai. Mereka kemudian membawa rencana bisnis eBay ke Benchmark Capital dan mendapat modal senilai US$4,5 juta untuk 22% saham perusahaan tersebut. Benchmark juga berjanji untuk menujuk CEO untuk membantu menjalankan eBay, kemudian mengangkat Margaret Whitham, seorang eksekutif perusahaan mainan Hasbro, di posisi teratas tersebut.

Whitham menciptakan divisi pemasaran baru dan meletakkan semua pelelangan senjata api dan pornografi di situs terpisah yang dibatasi usia. Dengan energi pemasaran baru ini, dia membawa eBay mencatatkan saham perdananya pada 24 September 1998.

Masuk pasar modal

Pada hari pertama perdagangan di pasar modal, saham tersebut diluncurkan pada harga US$18 per saham. Empat bulan kemudian, daham eBay memecahkan rekor senilai US$300 dan menjadikan Omidyar sebagai miliarder instan.

Keberhasilannya Omidyar dan eBay telah menelurkan puluhan e-commerce yang berharap bisa masuk dalam kegilaan lelang online. Namun, meski dengan persaingan yang semakin ketat, pertumbuhan eBay tidak melambat satu pun.

Pierre Omidyar sendiri kagum dengan pertumbuhan eBay yang menakjubkan. "Saya tidak bermaksud membuat bisnis besar di eBay. Ketika itu terjadi, saya hanya memanfaatkannya," ungkapnya.

Tag : ebay
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top