Dukung Galangan Lokal, Pelindo III Pesan 15 Kapal

Pelabuhan Indonesia III memesan 15 unit kapal tunda seri Jayanegara dari dua perusahaan galangan dalam negeri. Kapal tunda itu akan melayani jasa pemanduan dan penundaan kapal di pelabuhan dan lepas pantai (ship to ship).
Rivki Maulana | 13 Februari 2018 16:25 WIB
Kapal tunda menarik muatan batubara melintasi sungai Mahakam, di Samarinda, Kaltim. - REUTERS/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memesan 15 unit kapal tunda seri Jayanegara dari dua perusahaan galangan dalam negeri. Kapal tunda itu akan melayani jasa pemanduan dan penundaan kapal di pelabuhan dan lepas pantai (ship to ship).

Direktur Utama Pelindo III, Ari Askhara mengatakan kapal tunda baru dipesan ke galangan PT Dumas Tanjung Perak Shipyards dan PT Daya Radar Utama di Tanjung Priok. "Pelindo III memercayakan produksi kapal tunda baru pada galangan kapal nasional," ujar Ari dalam siaran pers, Selasa (13/2/2018).

tunda yang dipesan dilengkapi fitur AMS atau Alarm Monitoring System (AMS) yang bisa memantau kondisi kapal secara langsung sehingga operasional kapal efisien. Fitur AMS juga menjadi syarat bagi kapal tunda untuk mendapat notasi kapal UMS (unattended machinery space) yang mana kapal cukup diawaki tiga orang.

Penggunaan teknologi menurut Ari merupakan bagian dari transformasi manajemen di samping sumber daya manusia (SDM) dan proses bisnis. "Seperti pada kapal tunda baru PT PMS seri Jayanegara, teknologi diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi tenaga kerja, biaya operasional, dan kualitas proses bisnis berupa pelayanan kepada pengguna jasa semakin prima," jelas Ari.

Ari menuturkan, dengan berbagai keunggulan fitur mutakhir, kapal tunda seri Jayanegara milik Pelindo III tidak hanya bisa digunakan untuk sarana bantu pelayanan pemanduan dan penundaan kapal. Kapap itu juga bisa ditugaskan untuk pelayanan kapal lain, seperti pada sektor minyak dan gas.

Tag : pelindo ii
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top